Di Jakbar Terdapat 544 Kasus HIV/AIDS
Tanggal: Wednesday, 20 March 2013
Topik: HIV/AIDS


Berita8.com, 19 Maret 2013

Berdasarkan data surveilans pasif rumah sakit (RS) dari Dinas Kesehatan DKI Jakarta, tercatat hingga Desember 2012 jumlah kasus HIV-AIDS sudah mencapai 544 kasus di Jakarta Barat. Jumlah tersebut mengalami peningkatan tajam dari tahun 2007 yang hanya terdapat satu kasus.

Menurut Kasudin Kesehatan Jakarta Barat, Widyastuti, jumlah tersebut mengalami peningkatan yang sangat tajam sejak lima tahun terakhir. Sebab, pada tahun 2007 hanya terdapat satu kasus dan di tahun 2012 meningkat hingga 544 kasus.

"Kasus tersebut paling banyak ditemukan pada usia 25-44 tahun sebanyak 77,6 persen. Untuk jenis pekerjaan, terbanyak ditemukan pada tenaga kerja non profesional/karyawan sebesar 26,6 persen dan di urutan kedua pada wiraswasta/usaha sendiri sebesar 15,4 persen," kata Widyastuti, Selasa (19/2).

Dari jumlah kasus tersebut, penularannya mayoritas karena faktor heteroseksual yaitu sebesar 74,3 persen. Menyusul peringkat kedua karena narkoba suntikan sebanyak 21,1 persen.

Selain itu, kasus HIV-AIDS juga tidak hanya ditemukan pada kelompok tertentu saja, tapi juga sudah merambah hingga ke kalangan ibu rumah tangga. Ini menunjukkan penularan HIV-AIDS sudah tidak terbatas hanya pada kelompok populasi berisiko saja.

Widyastuti mengatakan, untuk memutus mata rantai kasus HIV-AIDS pihaknya akan lebih mempermudah akses layanan pengobatan bagi ODHA (orang dengan HIV-AIDS ) selain di rumah sakit.

Pihaknya juga sudah memberikan pelayanan ARV (antiretrovirus) sejak 2012 di lima puskesmas di Jakarta Barat, yaitu Puskesmas Cengkareng, Kalideres, Grogol Petamburan, Tambora dan Tamansari. Di samping itu, juga dengan berbagai jenis layanan lainnya, salah satunya terapi metadon. (aks)

Sumber: http://berita8.com




[ Home | Indeks Kliping ]

Berita ini dari Komunitas AIDS Indonesia - Indonesian AIDS Community
http://www.aids-ina.org
URL berita ini adalah:
http://www.aids-ina.org/modules.php?name=News&file=article&sid=7437