Bersama 11 Daerah di Indonesia, Inhil Jadi Contoh Penanggulangan HIV/AIDS
Tanggal: Wednesday, 20 March 2013
Topik: HIV/AIDS


Kabupaten Inhil menjadi satu dari 12 kabupaten dan kota di Indonesia yang terpilih, menjadi daerah contoh penanggulangan HIV/AIDS.

Riauterkini, 19 Maret 2013

JAKARTA - Tingginya peningkatan perkembangan kasus penderita HIV/ AIDS di Inhil, sehingga Komisi Penanggulangan AIDS Nasional (KPAN) menetapkan Inhil sebagai kabupaten pencontohan dalam penanggulangan HIV/ AIDS melalui transaksi seksual (PMTS).

Inhil ditetapkan sebagai kabupaten/ kota percontohan penanggulangan HIV/ AIDS tersebut bersama 11 kabupaten/ kota lainnya di Indonesia. Hal ini dipaparkan dalam pertemuan Komisi Penanggulangan AIDS Nasional (KPAN) pada Program PMTS-Paripurna di Jakarta, Selasa (19/3). Pertemuan ini diantaranya dihadiri Ketua LSM Bangun Desa Payung Negeri (BDPN) Inhil, Zainal Arifin.

“Pada tahun ini, Inhil termasuk dalam 12 kabupaten/ kota se Indonesia yang menjadi contoh dalam penanggulangan HIV/ AIDS melalui transaksi seksual (PMTS),” ungkap Ketua LSM BDPN Inhil, Zainal Arifin ketika menghubungi riauterkinicom, Selasa (19/3/13) dari Jakarta.

Namun dia mengkritisi terhadap instansi terkait yang selama ini dinilai kurang serius dan peduli dalam penanganan masalah HIV/ AIDS di Inhil. Sehingga dengan ditetapkannya Inhil sebaga contoh penanggulangan HIV/ AIDS tersebut, maka dituntut keseriusan semua elemen bagi mendukungnya.

“Kita selama ini mengkritik instansi terkait yang selama ini dipandang kurang serius dan peduli dalam Inhil. Padahal, perkembangan kasus ini terus meningkat tiap tahunnya,” tegas Zainal.

Bayangkan, sebut Ketua BPC HIPMI Inhil ini, pada tahun 2015 mendatang, obat ARV bagi pengidap HIV/ AIDS sudah tidak digratiskan lagi, sehingga penderita harus membeli obat ini sekitar Rp 250-300 ribu perbulannya.

“Sementara temuan kasus terus mengalami peningkatan di Inhil. Seharusnya lebih ditingkatkan kualitas pencegahan dan penanganan penyakit mematikan ini,” ujarnya.***(mar)

Sumber: http://www.riauterkini.com




[ Home | Indeks Kliping ]

Berita ini dari Komunitas AIDS Indonesia - Indonesian AIDS Community
http://www.aids-ina.org
URL berita ini adalah:
http://www.aids-ina.org/modules.php?name=News&file=article&sid=7439