25 Persen PSK di Bali Positif HIV/AIDS
Tanggal: Saturday, 23 March 2013
Topik: HIV/AIDS


Metrotvnews.com, 21 Maret 2013

Denpasar
: Sekitar 25% atau 2.000 dari 8.000 pekerja seks komersial (PSK) yang berada di Bali positif terkena HIV/AIDS.

"Dari 100 PSK, 25 di antaranya sudah positif terkena HIV/AIDS. Sementara di Bali diperkirakan ada 8.000 PSK. Artinya 2.000 PSK sudah positif HIV/AIDS. Ini lampu merah bagi mereka yang suka jajan atau main seks berisiko," kata Sekretaris Komiasi Penanggulan HIV/AIDS Bali Made Suprapta di Denpasar, Kamis (21/3).

Didampingi Ketua Pokja Humas KPA Bali PN Mangku Karmaya ia menyebutkan, tingginya jumlah PSK penderita HIV/AID S di Pulau Dewata seiring perkembangan penyebaran penyakit tersebut yang dari tahun ke tahun terus meningkat, sehingga mengkhawatirkan

Menurutnya, saat ini Bali menduduki peringkat kelima untuk kasus HIV/AIDS. Sedangkan untuk rate (persentase penderita HIV/AIDS per 1.000 penduduk di Indonesia) Bali menempati peringkat ketiga setelah Papua dan DKI Jakarta. "Itu prestasi memalukan dan harus ada upaya serius menangani permasalahan ini," tegas Suprapta.

Sementara itu, Mangku Karmaya mengatakan semakin tingginya kasus HIV/AIDS di Bali merupakan ancaman serius bagi kelangsungan manusia Bali dan akan sangat mengerogoti serta merusak upaya melestarikan Bali.

"Bagaimana kelestarian Bali bisa terwujud kalau manusia Bali perlahan tumbang oleh kasus HIV/AIDS. Bahkan sudah ada dalam satu keluarga mulai dari ayah, ibu dan anak-anak mereka positif HIV/AID. Kalau begitu, akan terjadi lost generation," katanya. (Arnoldus Dhae)

Sumber: http://www.metrotvnews.com




[ Home | Indeks Kliping ]

Berita ini dari Komunitas AIDS Indonesia - Indonesian AIDS Community
http://www.aids-ina.org
URL berita ini adalah:
http://www.aids-ina.org/modules.php?name=News&file=article&sid=7448