81 Penderita AIDS Meninggal di Sukabumi
Tanggal: Saturday, 23 March 2013
Topik: Narkoba


Pos Kota, 22 Maret 2013

SUKABUMI – Sebanyak 81 penderita Human Immunodeficiency Virus dan Acquired Immune Deficiency Syndrome (HIV/AIDS) di Kabupaten Sukabumi meregang nyawa sejak 2004 hingga 2012 dari jumlah total 203 orang. Ditilik dari segi jumlah penderita, Kabupaten Sukabumi menempati urutan ke-18 se-Jawa Barat.

Berdasarkan data Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) setempat, dari jenis kelamin penderita HIV/AIDS didominasi kaum adam. Jumlahnya mencapai 105 orang. Para penderita ini hampir tersebar di semua wilayah kecamatan. Cara penularanya sekitar 51,93 persen melalui penyalahgunaan Napza jenis suntik. Lalu, sebesar 35,91 melalui hubungan seks, dan 12,15 persen mengidap karena sering “memakai” PSK.

“Angka ini sangat memperihatinkan. Dilihat secara usia,76 persen kasus AIDS dan HIV rata rata di usia produktif antara 20-29 tahun. Untuk menekan jumlahnya diperlukan langkah yang startegi dan rencana dalam penanggulangan AIDS,” kata Sekretaris KPA Kabupaten Sukabumi, Asep Suherman.

Disebutkan Asep, untuk meminimalisir penyebaran virus mematikan ini dengan cara memperkuat pendidikan agama dan ketahanan keluarga. Cara lainnya bisa dengan memberdayakan kaum remaja sehingga jauh dari narkoba dan sex bebas. “Lalu apabila sudah ada yang mengidap jangan mengucilkannya. Biar mereka tak merasa dikucilkan. Kita harapkan pengidap dapat bertanggungjawab untuk tidak menularkannya,” urainya pria yang juga menjabat Kasi Promosi Kesehatan Dinkes Kabupaten Sukabumi ini. (sule)

Sumber: http://www.poskotanews.com




[ Home | Indeks Kliping ]

Berita ini dari Komunitas AIDS Indonesia - Indonesian AIDS Community
http://www.aids-ina.org
URL berita ini adalah:
http://www.aids-ina.org/modules.php?name=News&file=article&sid=7453