13 Warga Purbalingga Terjangkit HIV/AIDS
Tanggal: Wednesday, 27 March 2013
Topik: HIV/AIDS


Suaramerdeka.com, 26 Maret 2013

PURBALINGGA - Diam-diam, penderita HIV/AIDS ada di tengah masyarakat Purbalingga. Selama kurun waktu tahun 1993-2011 ada 18 penderita, sedangkan selama tahun 2012 dilaporkan sudah ada 13 penderita.

''13 penderita itu terdiri dari delapan penderita AIDS dan lima penderita HIV. Kalau tahun 2013 ini belum kami hitung. Tapi disinyalir jumlahnya hampir sama dengan tahun lalu,'' kata Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) drg Hanung Wikantono.

Kepala Puskesmas Bojongsari drg Yenawati mengatakan, penyebaran HIV/AIDS harus diwaspadai bersama. Sebab penyakit ini tidak hanya menjangkiti kalangan berduit saja tetapi juga kalangan yang dianggap tidak mungkin kena.

''Di satu puskesmas ada laporan bahwa penderita HIV/AIDS ini adalah penduduk yang tinggal di wilayah puncak gunung. Rupanya ini masalah ekonomi. Ketika disuruh berhenti, dia malah bertanya apakah kita bisa menopang hidupnya,'' katanya.

Karena itu masalah kesehatan itu adalah masalah bersama, bukan hanya masalah Dinas Kesehatan. Karena itu perlu komitmen bersama untuk menanggulangi berbagai permasalahan kesehatan yang ada di tengah masyarakat.

Sumber: http://www.suaramerdeka.com




[ Home | Indeks Kliping ]

Berita ini dari Komunitas AIDS Indonesia - Indonesian AIDS Community
http://www.aids-ina.org
URL berita ini adalah:
http://www.aids-ina.org/modules.php?name=News&file=article&sid=7457