Tiga Bulan Ditemukan 19 Kasus HIV/AIDS di Kebumen
Tanggal: Thursday, 04 April 2013
Topik: HIV/AIDS


Suaramerdeka.com, 02 April 2013

KEBUMEN
- Kasus HIV/AIDS di Kabupaten Kebumen semakin memprihatinkan. Dari tahun ke tahun, jumlah kasus penyakit ini terus melonjak. Sejak ditemukan pertama kali tahun 2003, hingga saat ini di kabupaten beslogan Beriman itu total telah ditemukan 206 kasus HIV/AIDS.

Data tersebut dibenarkan oleh Kepala Bagian Kesra Setda Kebumen yang juga pengurus Komisi Penanggulangan AIDS Daerah ( KPAD) Siti Nuriatun Fauziah SAg MSi. Dari data yang ada, selama tiga bulan tahun 2013, telah ditemukan sebanyak 19 kasus HIV/AIDS.

"Kasus HIV/AIDS menjadi perhatian serius Pemkab Kebumen untuk menanggulanginya," ujar Siti Nuriatun Fauziah kepada suaramerdeka.com, Selasa (2/4).

Menurut dia dengan ditemukannya kasus HIV/AIDS akan dapat dilaksanakan upaya penanganan bagi orang dengan HIV/AIDS (ODHA). Antara lain dengan cara pendampingan, mulai dari aspek klinis hingga psikologis. Selain itu, penyebaran virus yang mematikan tersebut akan dapat dikendalikan.

"Kita tahu, kasus HIV/AIDS seperti gunung es. Jangan sampai, di permukaan tidak tampak tetapi realitasnya kasus tersebut menyebar tak terkendali," ujar Inung panggilan akrabnya.

Pemkab Kebumen, imbuh dia, melakukan berbagai upaya untuk mengendalian HIV/AIDS. Komitmen tersebut salah satunya, Pemkab memiliki regulasi berupa Peraturan Daerah (Perda) Penanggulangan HIV/AIDS.

Perda tersebut menjadi landasan untuk memberikan perlindungan masyarakat dari risiko penularan HIV/AIDS. Sekaligus sebagai salah satu upaya memberikan pelayanan terhadap ODHA.

Sumber: http://www.suaramerdeka.com




[ Home | Indeks Kliping ]

Berita ini dari Komunitas AIDS Indonesia - Indonesian AIDS Community
http://www.aids-ina.org
URL berita ini adalah:
http://www.aids-ina.org/modules.php?name=News&file=article&sid=7475