Sebaran HIV/AIDS ke Ibu Rumah Tangga Memprihatinkan
Tanggal: Thursday, 04 April 2013
Topik: HIV/AIDS


Suaramerdeka.com, 04 April 2013

JAKARTA - Lembaga Kesehatan Nahdlatul Ulama (LKNU) mengingatkan bahaya HIV/Aids, yang dalam lima tahun terakhir jumlah pengidapnya di Indonesia mengalami lonjakan tajam. Yang mengkhawatirkan, pengidap dari kalangan ibu rumah tangga menempati urutan pertama pertumbuhan.

Data yang dirilis Kementerian Kesehatan, tahun 2012 lalu temuan pengidap HIV/Aids dari kalangan ibu rumah tangga mencapai 936 kasus, yang merupakan catatan tertinggi berdasarkan jenis pekerjaan. Jumlah tersebut jauh lebih tinggi dibandingkan temuan dari kalangan pekerja seks yang hanya 36 kasus.

"Ini yang harus digarisbawahi. Ibu rumah tangga yang suaminya memiliki perilaku beresiko memiliki resiko lebih besar tertular HIV/Aids dan penyakit Infeksi Menular Seks lainnya," ungkap Sekretaris LKNU Anggia Ermarini di Jakarta, Kamis (4/4).

NU merasa terpanggil untuk ikut prihatin dengan kondisi tersebut, karena dengan jamaah yang tersebar di pedesaan dengan tingkat pemahaman tentang HIV/Aids yang rendah, hal ini juga menjadi ancaman.

"Kami jelas tidak bisa tinggal diam dengan kondisi ini. NU memiliki mandat jam'iyyah dalam penanggulangan HIV/Aids di Indonesia, agar bagaimana NU bisa berkontribusi dalam penanganan masalah masyarakat," tambah Anggi.

Dalam peranannya ikut menanggulangi penyebaran HIV/Aids semakin luas, LKNU menggelar Pelatihan Program Pencegahan HIV Bagi Petugas Lapangan & Koordinator Lapangan di Semarang. Kegiatan ini berlangsung pada 25 – 29 Maret 2013 dan diikuti oleh 92 orang peserta yang berasal dari Tegal, Pemalang, Brebes, Wonosobo, dan Magelang.

“Pelatihan ini memang bentuk komitmen LKNU dalam penanggulangan HIV AIDS di Indonesia. Kegiatan yang sama akan terus kami gelar sepanjang Maret dan April ini,” tegas Anggi.

Pelatihan serupa akan dilaksanakan di Yogyakarta, Solo, Jakarta, NTB, Kendari, Balikpapan, Pontianak, Surabaya dan Padang.

Sumber: http://www.suaramerdeka.com




[ Home | Indeks Kliping ]

Berita ini dari Komunitas AIDS Indonesia - Indonesian AIDS Community
http://www.aids-ina.org
URL berita ini adalah:
http://www.aids-ina.org/modules.php?name=News&file=article&sid=7485