Seks Liar, Batasan Pun Dilanggar!
Tanggal: Monday, 08 April 2013
Topik: Narkoba


Surabaya Post, 08 April 2013

Kebablasan dalam berpacaran bukan hanya menuai aib, tapi juga bisa berbuah tuntutan yang menggiring pasangan ke penjara!

Banyak artis melakukan perilaku seks bebas! Ini bukan gosip lagi. Faktanya, tak sedikit para insan seni yang ngetop di dunia hiburan sudah hamil saat menikah. Ada yang mau mengungkapkan secara terus terang mengenai ‘married by accident’ yang mereka alami, tapi sebagian besar lebih suka menutup aib tersebut meski pada akhirnya terungkap juga ke publik.

Yang miris, kasus hamil atau menghamili di kalangan selebriti dari waktu ke waktu seolah semakin menjadi hal biasa diumbar menjadi konsumsi masyarakat umum. Para artis yang hamil maupun yang menghamili sama-sama tidak punya beban ketika perilaku seks ‘liar’ mereka diungkap di jejaring sosial.

Masih ingat artis Sophia Latjuba? Saat memutuskan untuk tinggal bersama dengan pria selingkuhannya Villareal, mantan istri musisi Indra Lesmana ini seolah tidak ingin mendengarkan komentar miring banyak orang. Ia tetap asyik menjalin asmara dengan warga negara Amerika yang kala itu masih menyisakan masalah rumahtangga dengan seorang perempuan yang tengah hamil bernama Louisa Ibbotson.

Seakan mengadaptasi kehidupan di negeri barat, Sophia juga menyikapi enteng soal kehamilannya saat itu meski belum resmi menikah. “Iya saya hamil, memangnya kenapa?” ujar Sophia Latjuba saat itu kepada wartawan.

Sikap tak berdosa juga ditunjukkan penyanyi Krisdayanti. Kabar tak sedap tentang adik kandung penyanyi Yuni Shara itu ‘hamil duluan’ berembus kencang, ketika wanita yang akrab dipanggil KD itu mengaku hamil empat bulan, padahal usia perkawinannya dengan pengusaha Timor Leste, Raul Lemos baru menginjak satu bulan.

Apa jawaban KD? “Ya, saya tahu. Tapi kami berdua sudah sama-sama dewasa. Kami merencanakan pernikahan ini, kan, sudah lama juga. Dan sekarang sudah terjadi juga. Kalau apa yang diberikan Allah ini nggak saya akui, nanti malah muncul pemberitaan saya melakukan aborsi," tutur ibunda dari Aurel dan Azriel ini seolah ingin mendapat legitimasi atas ‘hubungan kelewat batas’ itu.

Begitu juga dengan artis Andi Soraya. Sebelum menjalani pernikahan dengan Rudy Sutopo, seorang pengusaha kaya raya, bintang iklan yang pernah berseteru dengan model Chaterine Wilson itu pernah menjalani hidup serumah dengan Steve Immanuel. Di masa kehamilannya tanpa ikatan pernikahan, Andi Soraya tampak tenang menghadapinya. Tidak terkesan ia takut dan merasa khawatir kariernya terancam.

Dari hubungan tanpa ikatan pernikahan tersebut, Andi dikaruniai seorang anak yang diberi nama Darren Sterling Emmanuel.

Yang terbaru, cerita perilaku seks bebas juga diakui oleh Fajar Gomez. Fajar sempat diberitakan lari dari tanggungjawab karena telah menghamili seorang model bernama Megumi Goto. Aktor yang bermain di film PUBER itu berupaya menyelesaikan semua masalah yang membelitnya. Fajar tidak menyangkal, kalau bayi perempuan yang dilahirkan Megumi adalah anaknya.

"Iya anak saya dan saya sudah bertemu, saya positif aja. Yah balik lagi saya butuh waktu," ujarnya enteng.

Megumi yang juga dikenal sebagai bintang iklan itu mengaku selama berhubungan, Fajar selalu berjanji akan menikahinya. Namun pada kenyataannya, janji itu hanya sebatas janji. Megumi justru ditelantarkan saat tengah hamil empat bulan.

Janji manis pula yang membuat VJ Verny melupakan akal sehat ketika menerima rayuan ‘maut’ atlet sekaligus artis Denny Sumargo untuk melakukan gaya pacaran di luar batas. Kini, setelah perut Verny mulai membuncit dari hasil hubungan melanggar normal susila dan agama itu, aktor yang belum lama ini main dalam film ‘5 Cm’ itu bukan hanya ingkar janji, tapi juga menuduh Verny menebar fitnah. Bahkan, ketika Verny menantang ‘tes DNA’ mantan pebasket nasional itu pun masih mencoba menghindar dengan berbagai alasan.

"Awalnya dia tidak mau bertanggung jawab dengan alasan mamanya sakit keras. Tapi ternyata mamanya tidak sakit keras," kata Verny di Komnas Perempuan, Jakarta, Kamis (4/4). Alasan Denny yang lain menurut Verny, dia sudah memiliki calon istri. "Dia jawab dengan seenaknya, 'sebelum nikah aku memang mau main-main dulu, setelah nikah aku akan buang semuanya'," kata Verny bercerita.

Dan tampaknya posisi pria yang dikabarkan pernah dekat dengan artis Agnes Monica itu semakin terjepit, karena Verny mengantongi bukti kuat untuk menunjukkan hubungan mereka memang pernah ‘intim’. "Denny itu pengecut. Kenapa? Celana dalam Denny masih ada di dalam apartemen Verny," kata Usin Abdi Syahputra Sembiring, pengacara Verny, saat meminta perlindungan kliennya ke Komnas Perempuan, pada kesempatan yang sama.

Meski tak semua anak muda melakukan gaya pacaran seperti Denny Sumargo+Verny atau Fajar + Megumi, para orangtua tampaknya perlu mengawasi dan membimbing para putra-putrinya yang mulai beranjak remaja atau dewasa. Apalagi dari hasil penelitian membuktikan seks bebas di kalangan anak muda kian mengkhawatirkan. Salah satu pemicunya, arus informasi yang tidak diimbangi dengan pengetahuan cukup tentang kesehatan reproduksi baik pada orangtua maupun anak.

Pendidikan seksual yang kurang diberikan orangtua pada anak, jadi salah satu alasan angka ini selalu menunjukkan peningkatan. Beberapa penelitian mengungkap remaja perempuan dan laki-laki berusia 15-19 tahun yang melakukan seks pranikah makin tinggi. Bahkan, Survei Kesehatan Reproduksi Remaja Indonesia (SKRRI) pada 2007 lalu menemukan, satu persen remaja wanita dan 6 persen remaja pria mengaku pernah melakukan seks di luar nikah.

Tak heran, jumlah kehamilan dan kelahiran di kalangan remaja juga tinggi. Sebuah studi lainnya pada 2010 di daerah kota besar seperti Jakarta menunjukkan 20,6 persen remaja mengalami kehamilan dan kelahiran sebelum menikah.

Yang mengerikan, seks bebas juga kerap berujung pada penyakit menular seksual, termasuk HIV/AIDS. Psikolog Baby Jim Aditya, pernah memaparkan sebagian besar pengidap HIV/AIDS berada di usia produktif, yakni 20-29 tahun. Hal ini karena kurangnya pengetahuan mereka mengenai kesehatan reproduksi. Dan, perilaku mereka yang sudah kadung bebas dan berisiko tidak diselaraskan pengetahuan penggunaan alat kontrasepsi, seperti kondom karena bentroknya kampanye kondom dengan nilai budaya.

Meski masih mensosialisasikan penggunaan kondom untuk melindungi kesehatan reproduksi pada remaja-remaja berisiko, Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Sugiri Syarief, memaparkan pencegahan yang dilakukan oleh keluarga adalah faktor yang terpenting untuk menekan angka pertumbuhan seks bebas pada remaja.

"Di Indonesia, masalah yang umum terjadi adalah masalah komunikasi antara orangtua dan anak. Selain masih menganggap tabu, budaya di Indonesia itu adalah diam sehingga terjadi kesulitan berkomunikasi," ujarnya.

Padahal lewat komunikasi orangtua dapat memberikan informasi-informasi seputar kesehatan reproduksi pria dan wanita. Termasuk, konsekuensi melakukan hubungan seks di usia dini. "Jangan sampai hal ini justru disampaikan orang lain. Karena bagaimana pun, orangtua pasti akan lebih bijak dalam menyampaikannya," ujar Sugiri.

Daripada saling membongkar aib di jejaring sosial, kenapa tidak menjadikan produk teknologi canggih saat ini itu untuk ‘menularkan’ gaya pacaran yang sehat, agar tidak muncul lagi cerita-cerita seperti Denny Sumargo vs Verny, dan artis lain yang kini saling ‘berperang’ opini untuk menunjukkan kebenaran. ins, berbagai sumber

Pacaran Hot, tapi Kesucian Tetap Utama! Tak semua artis Hollywood menganut paham seks bebas. Masih ada sejumlah artis yang tetap berprinsip bahwa keperawanan sebagai sesuatu yang disakralkan sampai tiba waktunya nanti, yakni di hari perkawinan.

Berikut 10 selebriti penentang hubungan seks sebelum menikah seperti dilansir dari Wollipop :

1. Jessica Simpson

Jessica berasal dari keluarga Kristen yang taat, ia masih perawan hingga menikah dengan Nick Lachey di tahun 2002. Ayahnya bahkan memeberinya purity ring saat berusia 12 tahun. Meski setelah bercerai kini ia melahirkan seorang putri dengan Eric Johnson sebelum keduanya menikah, namun Jessica masih patut masuk dalam daftar ini.

2. Mariah Carey

Meskipun sebelumnya Mariah pernah menikah dengan Tommy Mottola, ia memutuskan untuk tidak berhubungan seks dengan suaminya sekarang, Nick Cannon, hingga pernikahan mereka pada April 2008.

3. Adriana Lima

Model Victoria's Secret asal Brazil ini mengatakan kepada GQ Magazine pada Maret 2006, bahwa ia belum pernah berhubungan seks dan memutuskan untuk menjaga keperawanan hingga menikah. Ia bahkan dianugrahi The World's Most Voluptuous Virgin oleh majalah tersebut. Adriana kemudian menikah dengan pemain basket Serbia, Marko Jaric, tepat di Hari Valentine pada 2009.

4. Tina Fey

Komedian dan bintang '30 Rock' Tina Fey membuat pengakuan di sebuah talkshow pada Maret 2010 kalau ia tidak melakukan hubungan seks hingga akhirnya ia bersuamikan Jeff Richmond, pada usia 24 tahun. Pasangan ini sekarang telah memiliki 2 orang anak.

5. Ali Landry

Mantan Miss USA model, serta aktris Ali Landry mengakui pada Maret 2012 lalu bahwa ia dan suami keduanya, Alejandro Monterverde tidak melakukan hubungan seks sebelum pernikahan mereka pada April 2006. Semua ia lakukan karena belajar dari hubungan masa lalu dengan Mario Lopez yang pernah berselingkuh darinya.

6. Miley Cyrus

Merunut tingkah 'nakal' Miley yang sering terekspos di publik, memang sulit untuk percaya bahwa dia juga seseorang yang menjaga kesuciannya. Beberapa tahun lalu ia pernah berkata akan tetap perawan hingga menikah nanti.

7. Vanessa Hudgens

Meskipun sempat mengencani salah satu aktor muda tampan Hollywood, Zac Efron, bintang 'High School Musical' ini mengklaim bahwa ia masih seorang perawan.

8. Selena Gomez

Selena Gomez merupakan artis muda lainnya yang mengumumkan keputusannya untuk tetap perawan hingga menikah.

9. Lisa Kudrow

Bintang yang terkenal lewat serial 'Friends' ini kehilangan keperawanannya di usia 31 tahun. Yaitu saat dia menikah dengan suaminya yang sekarang, Michael Stern.

10. Jordin Sparks

Jordin membuat keputusan sewaktu ia masih muda untuk menunggu hubungan seks hingga menikah nanti. Orangtuanya kemudian menawarkannya purity ring, cincin yang menyimbolkan keperawanan. "Akan sangat luar biasa untuk mengatakan kepada suamiku nanti kalau aku telah menunggunya seumur hidupku." wlp

Sumber: http://www.surabayapost.co.id




[ Home | Indeks Kliping ]

Berita ini dari Komunitas AIDS Indonesia - Indonesian AIDS Community
http://www.aids-ina.org
URL berita ini adalah:
http://www.aids-ina.org/modules.php?name=News&file=article&sid=7494