6,7 Juta Pria Indonesia Merupakan Pelanggan WTS
Tanggal: Wednesday, 10 April 2013
Topik: Narkoba


Berita Satu, 09 April 2013

Batam - Menteri Kesehatan dr Nafsiah Mboi SpA MPH menegaskan bahwa pihaknya mencatat hingga akhir 2012 ada 6,7 juta pria Indonesia yang menjadi pelanggan wanita tuna susila (WTS). Hal ini menyebabkan, kalangan pria menjadi kelompok paling berisiko tinggi untuk menyebarkan HIV/AIDS.

"Penyebaran HIV/AIDS tertinggi di Indonesia dari laki-laki yang tidak setia dan menjadi pelanggan dari WTS," katanya di Batam, Selasa (9/4).

Di Indonesia sendiri, lanjut Menkes, ada sekitar 230.000 WTS yang tersebar di seluruh Indonesia, terutama daerah yang banyak memiliki pelabuhan dan wilayah perbatasan.

"Pada setiap pelabuhan pasti ada daerah pelacuran. Dari daerah tersebutlah banyak pria pelanggan WTS sehingga jumlahnya tinggi," katanya.

Lebih lanjut Menkes mengatakan jumlah pelanggan WTS yang mencapai 6,7 juta dengan 75.000 di antaranya juga menggunakan narkoba dengan suntik mengakibatkan sekitar 4,9 juta wanita yang menikah dengan mereka sangat berisiko tertular HIV/AIDS.

"Di Indonesia ada 4,9 juta wanita yang menikah dengan pria yang menjadi menjadi pelanggan WTS, sehingga meski para istri tersebut tidak pernah berhubungan dengan pria lain, tentu juga sangat berisiko tertular HIV/AIDS," kata Menteri.

Kasus ibu hamil yang tertular HIV/AIDS dari suaminya, kata Menteri, cenderung terus mengalami kenaikan dari tahun ke tahun. Anak yang dilahirkan dari orang tua yang mengidap HIV/AIDS juga tertular penyakit mematikan tersebut.

Sementara itu, Direktur Jenderal Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan pada Kementerian Kesehatan, Tjandra Yoga Aditama, merujuk Laporan Perkembangan HIV-AIDS Triwulan III 2012 yang dikirimkan kepada Menteri Kesehatan RI.

Laporan itu menyebutkan persentase kasus HIV tertinggi ada pada kelompok umur 25-49 tahun sebanyak 73,7persen, kemudian kelompok umur 20-24 tahun sebanyak 15 persen dan kelompok umur di atas 50 tahun sebanyak 4,5 persen.

Sumber: http://www.beritasatu.com




[ Home | Indeks Kliping ]

Berita ini dari Komunitas AIDS Indonesia - Indonesian AIDS Community
http://www.aids-ina.org
URL berita ini adalah:
http://www.aids-ina.org/modules.php?name=News&file=article&sid=7500