Penderita HIV/AIDS Kota Cilegon 286 Orang
Tanggal: Sunday, 14 April 2013
Topik: HIV/AIDS


Suara Pembaruan, 13 April 2013

[CILEGON] Jumlah penderita HIV/AIDS di Kota Cilegon, mengalami pendingkatan dibandingkan tahun 2012 yang hanya mencapai 250 orang.

Berdasarkan data yang dimiliki Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Kota Cilegon, hingga April 2013, jumlahnya penderita HIV/AIDS bertambah 36 orang, sehingga menjadi 286 orang.

Hal ini tentu harus menjadi perhatian seluruh pihak dalam penanggulangannya. Sekretaris KPA Cilegon, Retno mengungkapkan, saat ini Kota Cilegon masuk dalam daftar sepuluh besar jumlah penderita HIV/AIDS terbanyak se-Indonesia. Karenanya hal ini perlu dipecahkan bersama untuk menanggulanginya.

“Untuk menekan peningkatan jumlah penderita HIV/AIDS di Kota Cilegon, maka harus ada peran serta masyarakat, tokoh agama, dan perlunya kesadaran dalam mengatasi hal ini,” ujarnya di Cilegon, Jumat (12/4) .

Retno menjelaskan, berdasarkan data penderita HIV/AIDS di Kota Cilegon, beberapa di antaranya masih di bawah umur.

Untuk itu, pihaknya mengaku akan terus melakukan sosialisasi kepada masyarakat dan para pelajar, untuk mengetahui bahaya dari seks bebas.

“Kami akan terus memberikan pengarahan kepada masyarakat dan para pelajar, untuk mengingatkan tentang bahaya penyakit HIV/AIDS, dan upaya pencegahannya,” jelasnya.

Dikatakan Retno, jumlah penderita HIV AIDS di Kota Cilegon, saat ini masih didominasi oleh kaum pria. “Kebanyakan jumlah penderitan adalah kaum lelaki. Bahkan kami menemukan ada yang disebabkan karena berhubungan sesama jenis,” jelasnya.

Retno mengungkapkan KPA Cilegon akan menambah posko atau outlet penanggulangan, serta membentuk tim pencegahan penyakit di masing- masing puskesmas se Kota Cilegon, yang terdiri dari lima orang per lokasi.

“Untuk mencegah meningkatnya penyakit HIV/AIDS, kami akan segera membentuk tim khusus dalam penangannan HIV/AIDS di masing – masing puskesmas yang ada di Kota Cilegon,” katanya. [149]

Sumber: http://www.suarapembaruan.com




[ Home | Indeks Kliping ]

Berita ini dari Komunitas AIDS Indonesia - Indonesian AIDS Community
http://www.aids-ina.org
URL berita ini adalah:
http://www.aids-ina.org/modules.php?name=News&file=article&sid=7519