Daftar manusia paling berpengaruh di dunia
Tanggal: Monday, 22 April 2013
Topik: Narkoba


Kontan, 22 April 2013

Sebanyak 100 orang ini, menurut Majalah TIME memperlihatkan ketekunan mereka dalam kehidupan yang menantang. TIME memasukkan mereka dalam lima kategori, sebagai Titan dengan ide-ide yang melampaui kebanyakan orang, sebagai pemimpin institusi dan negara dengan kebijakan penting, ikon bagi masyarakat, artis yang menginspirasi serta pionir aksi sosial dan penemu ilmu kesehatan yang penting bagi masyarakat. Inilah beberapa di antara mereka.

Elon Musk salah satu nama yang masuk dalam daftar ini, dalam kategori titan. Miliarder dengan kekayaan US$ 2,7 miliar ini masuk daftar TIME karena perusahaan kargo ulang alik Space-X miliknya.

Di tengah pengurangan bujet NASA, Musk datang sebagai pihak swasta yang mengisi celah tersebut. Musk yang berniat membangun kehidupan di Mars juga memiliki Tesla Motors dan perusahaan panel surya SolarCity yang pro dengan energi hijau.

Musk merupakan satu dari delapan ilmuwan yang masuk dalam daftar ini. Ilmuwan lain, Peter Theisinger dan Richard Cook yang merupakan manajer proyek penjelajah Mars NASA, Curiosity.

Dari sisi kesehatan ada Kimberly Blackwell, direktur program dan riset kanker payudara yang mengembangkan pengobatan kanker lewat memperkuat antibodi yang cerdas mengenali tumor dan mempertahankan sel sehat.

Tiga periset HIV/AIDS, Hannah Gay, Katherine Luzuriaga and Deborah Persaud juga masuk dalam daftar TIME. Meski hanya satu kasus, keberhasilan mereka menyembuhkan seorang bayi dari penyakit ini membangkitkan harapan penyembuhan AIDS.

Teknologi memang selalu menjadi acuan perkembangan zaman. Pertarungan smartphone dan tablet yang sengit mengangkat nama Oh-Hyun Kwon, Chief Executive Officer Samsung Electronics.

Bagi TIME, Kwon memiliki pengaruh seperti Akio Morita yang menemukan Walkman Sony atau Steve Jobs yang membangun brand Apple. Kwon juga berhasil membangun merek Galaxy yang canggih, harga kompetitif, dengan iklan penuh percaya diri. Samsung juga menyedot perhatian setelah membangun sebuah kampus di Silicon Valley, kiblat bagi pencinta teknologi dan internet.

Dari golongan politik, terdapat nama Presiden Amerika Serikat (AS) Barack Obama beserta istrinya Michelle Obama. Menteri Keuangan India, Palaniappan Chidambaram yang mengusulkan pemangkasan bujet, menjadi tokoh penting untuk mengembalikan perekonomian yang melambat. Mario Draghi, Presiden Bank Sentral Eropa (ECB), juga menjadi tokoh sentral pemulihan krisis utang Eropa.

Nama Kim Jong Un yang baru berusia 30 tahun ada di deretan nama ini. Dia merupakan presiden termuda di dunia yang memimpin 1,2 juta pasukan militer Korea Utara. Kawasan ini menjadi ancaman dunia karena pengembangan senjata nuklirnya.

Dari kategori ikon, ada Malala Yousafzai, Gadis berusia 15 tahun ini selamat setelah ditembak pasukan Taliban karena nekat pergi bersekolah. Sejak berusia 11, Malala yang menulis pada blog BBC dan menyatakan ketakutannya pada dominasi Taliban, tidak akan menghentikan ambisinya menjadi seorang doktor.

Di bagian dunia lain yang lebih tentram, Kate Middleton, istri Pangeran William juga masuk dalam daftar ikon. Dia dianggap berhasil menjalankan transformasi dari wanita biasa menjadi seorang putri kerajaan. Pilihan pakaiannya yang elegan membantu mengangkat industri fesyen Inggris. Tiga bulan lagi, Kate akan melahirkan penerus monarki Inggris.

Jay Z, lebih merupakan titan daripada artis bagi TIME. Pencipta dan pelantun Empire State of Mind ini dianggap sukses menggambarkan New York. Besar di lingkungan kumuh dan buruk, Jay Z sukses membuat perusahaan rekamannya sendiri, dan sukses pula membuka ritel fesyen, bar sport dan menjadi salah satu pemilik NBA Nets.

Sumber: http://internasional.kontan.co.id




[ Home | Indeks Kliping ]

Berita ini dari Komunitas AIDS Indonesia - Indonesian AIDS Community
http://www.aids-ina.org
URL berita ini adalah:
http://www.aids-ina.org/modules.php?name=News&file=article&sid=7549