Bos Mayapada Gandeng Bill Gates ke Indonesia
Tanggal: Thursday, 25 April 2013
Topik: Narkoba


KOMPAS.com, 24 April 2013

ABU DABHI - Salah satu orang terkaya di dunia, Bill Gates menyatakan berminat masuk ke Indonesia untuk melakukan berbagai aksi sosial. Gates melalui yayasan amalnya, Bill & Melinda Gates Foundation akan menggandeng mitranya di Indonesia, Tahir Foundation dalam menjalankan misi sosial di Indonesia.

Kerjasama sosial Bill Gates dengan Tahir Foundation akan diresmikan di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab, Rabu (24/3/2013) siang ini.

Wartawan Kompas, Rusdi Amral, dari Abu Dhabi melaporkan, kerjasama kedua filantropi internasional ini akan dihadiri sejumlah pengusaha internasional serta disaksikan Duta Besar Indonesia untuk Uni Emirat Arab, Salman al Farisi. Bill Gates dan Dato' Sri Prof Dr Tahir MBA selaku Ketua Yayasan Tahir Foundation, berkomitmen untuk memberi donasi masing-masing sebesar 100 juta dollar AS untuk kegiatan sosial tersebut.

Tahir yang dikenal sebagai salah satu orang terkaya di Indonesia ini menyatakan sangat bangga bisa mengajak Bill Gates ke Indonesia, untuk membantu masyarakat Indonesia. Keinginan Gates untuk berperan aktif terhadap aksi-aksi sosial di Indonesia diharapkan dapat memicu pengusaha-pengusaha Indonesia lainnya untuk melakukan tindakan serupa.

"Kita ini lahir dan hidup di Indonesia, lalu mencari nafkah di Indonesia. Sudah sepantasnya kita juga harus berbuat banyak untuk kepentingan sesama di Indonesia," kata Tahir.

Untuk kerjasama ini, kata Tahir, dana terkumpul 200 juta dollar AS (sekitar Rp 2 triliun) akan dialokasikan 150 juta dollar AS untuk kegiatan sosial di Indonesia, sedangkan sisanya untuk aksi global.

Kedua filantropi ini sepakat mengikat kerjasama selama lima tahun, dengan sasaran kegiatan di bidang pendidikan dan kesehatan. Khusus bidang kesehatan, kegiatan mencakup pemberantasan penyakit malaria, pengobatan TBC, penanggulangan HIV/AIDS serta program Keluarga Berencana (KB).

"Tidak hanya Bill Gates yang tertaris menyelenggarakan kegiatan seperti ini. Pengusaha ternama di Malaysia juga menyatakan keinginan serupa untuk kerjasama sosial," ujar Tahir.

Yayasan amal Bill & Melinda Gates Foundation dikenal sebagai filantropi terbesar di Indonesia. Pemiliknya, Bill Gates yang mendirikan perusahaan Microsoft, pernah tercatat sebagai orang terkaya di dunia versi Forbes400 dengan kekayaan sekitar 101 miliar dollar AS pada tahun 1999.

Sementarav Dato' Sri Tahir juga dikenal sebagai salah satu orang terkaya di Indonesia, dengan bisnis perbankan yang menggurita di seluruh nusantara. Pemilik Bank Mayapada Group ini juga mengembangkan bisnis multifinance, jaringan hotel, rumah sakit, jaringan toko duty free, TV berbayar serta berbagai bisnis properti lainnya.

Sumber: http://nasional.kompas.com




[ Home | Indeks Kliping ]

Berita ini dari Komunitas AIDS Indonesia - Indonesian AIDS Community
http://www.aids-ina.org
URL berita ini adalah:
http://www.aids-ina.org/modules.php?name=News&file=article&sid=7552