Bill Gates Gandeng Tahir Siapkan US$200 Juta untuk Indonesia
Tanggal: Thursday, 25 April 2013
Topik: Narkoba


Metrotvnews.com, 24 April 2013

Abu Dhabi: Pemilik Microsoft Bill Gates melalui Yayasan Bill & Melinda Gates mengajak pengusaha Indonesia Tahir untuk mendonasikan masing-masing US$100 juta bagi kegiatan kemanusiaan di bidang kesehatan di Indonesia.

Empat bidang kesehatan yang akan menjadi fokus kegiatan ialah penyakit malaria, TBC, HIV/AIDS, dan keluarga berencana.

Penandatanganan kerja sama di bidang filantropi dilakukan langsung Bill Gates dan Tahir di Hotel Jumeirah, Abu Dhabi, Uni Emirat Arab, Rabu (24/4). Ikut hadir dalam acara itu Duta Besar Indonesia untuk UEA Salman Al Farisi.

Bill Gates menjelaskan bahwa Indonesia negara yang berkembang sangat pesat seperti Brasil, China, dan India. Ia bersyukur bisa berkenalan dengan pengusaha seperti Tahir yang bukan hanya sukses dalam bisnis, tetapi memiliki kepedulian untuk membantu orang lain.

"Kami bersepakat untuk melakukan kegiatan filantropi di bidang kesehatan dan kami akan memfokuskan kegiatan untuk menurunkan penderita penyakit malaria, TBC, dan HIV/AIDS, serta kegiatan keluarga berencana untuk mengendalikan tingkat kelahiran," kata Bill Gates seperti dilaporkan wartawan Metro TV Suryopratomo dari Abu Dhabi.

Tahir mengatakan bahwa ia juga bersuka cita bisa diajak bekerja sama dengan orang seperti Bill Gates. Pemilik Grup Mayapada itu mengatakan bahwa kegiatan dari pihaknya dilakukan melalui Yayasan Tahir.

"Kami sudah bersepakat bahwa dari US$200 juta donasi yang dikumpulkan, US$150 juta difokuskan untuk Indonesia dan sisanya untuk negara-negara lain," kata Tahir.

Mengenai bidang kegiatan yang akan dilakukan di Indonesia, menurut Tahir, hal itu akan dibicarakan oleh perwakilan dari masing-masing yayasan kemudian. Ia sendiri akan menugaskan putranya, Jonathan, untuk membicarakan dengan wakil Bill Gates.

Bill Gates berharap agar kerja sama kali ini bisa mengulangi keberhasilan Indonesia untuk menghapuskan penyakit polio. Vaksinasi yang dilakukan Pemerintah Indonesia membuat Indonesia bebas dari penyakit polio.

Tahir menambahkan bahwa upaya yang ingin dilakukan di Indonesia terutama akan ditujukan kepada pencegahan agar masyarakat bisa terhindar dari penyakit malaria, TBC, dan HIV/AIDS.

Dubes Salman Al Farisi menghargai inisiatif yang dilakukan Tahir dan Bill Gates. "Kalau selama ini Indonesia hanya dilihat sebagai negara penerima bantuan, kali ini kita juga ikut memberi. Inilah sesuatu yang baik sekaligus menunjukkan bahwa Indonesia sudah menjadi bagian masyarakat dunia. Kerja sama ini akan semakin mengukuhkan Indonesia sebagai negara anggota G20," kata Salman.***

Sumber: http://www.metrotvnews.com




[ Home | Indeks Kliping ]

Berita ini dari Komunitas AIDS Indonesia - Indonesian AIDS Community
http://www.aids-ina.org
URL berita ini adalah:
http://www.aids-ina.org/modules.php?name=News&file=article&sid=7553