Obat HIV/AIDS Telah Ditemukan?
Tanggal: Tuesday, 30 April 2013
Topik: HIV/AIDS


Tabloid Bintang, 29 April 2013

SUDAH bertahun-tahun peneliti di berbagai belahan dunia mencari jawaban medis untuk mengobati virus HIV yang mengakibatkan AIDS.

Jawaban itu bisa jadi sebentar lagi ditemukan. Para peneliti asal Denmark sedang berada di titik persimpangan terkait penemuan pengobatan virus HIV yang dapat mengobati jutaan orang yang terkena AIDS.

Uji klinis sedang dilakukan menggunakan teknik baru yang melibatkan penghilangan virus dari DNA manusia dan menghancurkannya secara alami oleh sistem kekebalan tubuh.

Kelompok peneliti yang berbasis di Aarhus University Hospital mengatakan, kemungkinan pengobatan ini akan terjangkau bagi banyak orang. Ini langkah dramatis dalam usaha pencarian jawaban dari penyakit yang menyerang 33 juta orang di seluruh dunia.

Dilaporkan Daily Mail, Senin (29/4), lima belas pasien sedang diobati dengan teknik pegobatan ini. Jika mereka berhasil dinyatakan bebas HIV/AIDS, teknik ini akan diuji pada skala yang lebih besar.

Dr Ole Søgaard, seorang peneliti senior, mengatakan yakin peneliti akan berhasil melepaskan sisa virus HIV keluar dari sel DNA. "Tantangannya akan terletak di sistem kekebalan tubuh pasien untuk mengenali virus dan menghancurkannya," ujarnya.

Kesuksesan pengobatan ini akan bergantung kepada kekuatan dan tingkat sensitivitas masing-masing sistem kekebalan tubuh karena setiap orang memiliki sistem kekebalan tubuh berbeda satu sama lain.

Penelitian ini diberi nama HVTN 505 dan telah memiliki 2.504 sukarelawan yang mendaftar di 19 kota berbeda di Amerika Serikat.

Dengan pengobatan HIV modern, seorang pasien diperkirakan dapat hidup normal hingga usia tua dengan sedikit efek samping. Namun jika pegobatan terhenti, virus dapat kembali aktif dan memproduksi lebih banyak setelah dua minggu.

Peneliti dihadiahi 1,5 juta poundsterling oleh Danish Research Council untuk melanjutkan penelitian pada manusia. Mereka juga menggunakan obat-obatan seperti HDAC yang juga digunakan untuk mengobati beberapa bentuk kanker.

Sumber: http://www.tabloidbintang.com




[ Home | Indeks Kliping ]

Berita ini dari Komunitas AIDS Indonesia - Indonesian AIDS Community
http://www.aids-ina.org
URL berita ini adalah:
http://www.aids-ina.org/modules.php?name=News&file=article&sid=7571