Pengujian obat HIV di Denmark tunjukkan tanda positif
Tanggal: Tuesday, 30 April 2013
Topik: HIV/AIDS


Merdeka, 29 Apri 2013

Sebelumnya dikabarkan bahwa penelitian terhadap vaksin HIV telah dibatalkan karena hasil negatif dalam percobaan. Namun kali ini kabar baik datang dari Denmark. Peneliti mengumumkan adanya harapan untuk kesembuhan pasien HIV.

Saat ini peneliti di Denmark tengah melakukan tes terhadap manusia. Penelitian ini dilakukan oleh peneliti di Aarhus University Hospital. Mereka menggunakan strategi baru yang tengah diujikan di laboratorium.

Pengumuman ini dilakukan beberapa hari setelah pemerintah Amerika Serikat mengumumkan kegagalan vaksin HIV setelah uji coba, seperti dilansir oleh NY Daily News (28/04).

Percobaan yang dilakukan oleh ilmuwan Denmark memaksa virus HIV untuk muncul ke permukaan. Setelah virus tersebut muncul ke permukaan DNA, sistem kekebalan tubuh akan menghancurkannya dengan bantuan vaksin.

Untuk saat ini cara beru tersebut berhasil diterapkan pada sel manusia di laboratorium. Namun belum diketahui apakah cara ini akan sukses dalam tubuh manusia, ungkap Dr Ole Sogaard, peneliti senior di Aarhus.

"Tantangannya adalah untuk membuat sistem kekebalan tubuh mengenali virus HIV dan menghancurkannya. Hal ini bergantung pada sensitivitas dan kekuatan sistem kekebalan tubuh masing-masing orang," ungkap Sogaard.

Sogaard menjelaskan bahwa jika berhasil obat ini hanya bisa digunakan oleh pasien HIV, namun tak bisa digunakan untuk mencegah HIV.

Sumber
: http://www.merdeka.com




[ Home | Indeks Kliping ]

Berita ini dari Komunitas AIDS Indonesia - Indonesian AIDS Community
http://www.aids-ina.org
URL berita ini adalah:
http://www.aids-ina.org/modules.php?name=News&file=article&sid=7575