Delapan Ilmuwan Berpengaruh di Dunia 2013
Tanggal: Tuesday, 30 April 2013
Topik: Narkoba


TEMPO.CO, 30 April 2013

New York - Di antara nama-nama tokoh paling berpengaruh di dunia pada 2013 versi majalah Time, seperti Presiden Amerika Serikat Barack Obama dan sutradara Steven Spielberg, atau aktris peraih Oscar Jennifer Lawrence, terselip nama pendiri SpaceX Elon Musk, peneliti kanker payudara Kimberly Blackwell, serta pemburu asteroid Don Yeomans. Selain ketiga tokoh tersebut, terdapat dua manajer proyek NASA Mars Rover Curiosity dan tiga peneliti yang menyembuhkan bayi yang positif terinfeksi HIV.

Para ilmuwan itu masuk daftar tahunan tersebut atas prestasi dan upaya mereka dalam mencari obat dua penyakit mematikan serta mengeksplorasi antariksa. Selain para ilmuwan, Time juga memilih 100 tokoh dalam lima kategori, yaitu titan, pemimpin, seniman, pionir, dan ikon.

Salah seorang ilmuwan yang terpilih dalam daftar itu adalah peneliti keturunan Filipina, Katherine Luzuriaga. Bersama dua peneliti lain, Luzuriaga menyembuhkan bayi yang positif HIV dengan memberinya obat anti-virus. Atas terobosan baru dalam riset HIV/AIDS itu, Luzuriaga, Deborah Persaud, dan Hannah Gay masuk dalam kategori pionir.

Luzuriaga telah terlibat dalam penelitian HIV/AIDS pada anak selama lebih dari dua dasawarsa. Pada 2010, Luzuriaga dan dua rekannya menangani bayi yang baru lahir di sebuah rumah sakit di Mississippi, yang ibunya positif HIV. Bayi itu diberi serangkaian obat AIDS sejak lahir hingga 18 bulan. Lima bulan setelah pengobatan berakhir, bayi itu telah negatif HIV.

Bayi itu, yang kini berusia 2 tahun 6 bulan, masih bersih dari virus yang menyerang sistem kekebalan tubuh tersebut. Perkembangan bayi itu memberi harapan bagi ribuan bayi yang positif terinfeksi HIV di seluruh dunia.

Sumber: http://www.tempo.co




[ Home | Indeks Kliping ]

Berita ini dari Komunitas AIDS Indonesia - Indonesian AIDS Community
http://www.aids-ina.org
URL berita ini adalah:
http://www.aids-ina.org/modules.php?name=News&file=article&sid=7577