Optik DVD Player jadi Alat Deteksi HIV/AIDS
Tanggal: Thursday, 02 May 2013
Topik: HIV/AIDS


Fajar Online, 02 Mei 2013

PARA peneliti telah berhasil mengembangkan teknik deteksi HIV terbaru yang cukup murah dengan menggunakan pemindai (scanner) yang ada di DVD player. Peneliti di School of Biotechnology di KTH Royal Institute of Technology di Stockholm, memanfaatkan optik yang ada di DVD player untuk memindai HIV/AIDS.

Penemuan itu diyakini dapat mengurangi biaya tes HIV/AIDS maupun analisis lainnya yang selama ini cukup mahal. "Tim riset kami mengkonversi DVD drive komersial menjadi pemindai mikroskop laser yang dapat menganalisis darah, dan melakukan pencitraan seluler dengan resolusi satu mikrometer," kata Aman Russom, dosen senior di perguruan tinggi milik Kerajaan Belgia itu seperti dilansir laman The Indian Express, Selasa ( 30/4).



Terobosan tes HIV yang murah dan sederhana ini bisa bermanfaat untuk perawatan kesehatan pasien HIV/AIDS di negara berkembang. Dengan teknologi sederhana ini, hanya butuh waktu beberapa menit untuk memastikan seseorang terjangkiti HIV/AIDS.

"Dengan DVD player biasa, kami telah membuat alat analisis murah untuk DNA, RNA, protein dan bahkan seluruh sel. Kami menyebut penemuan ini sebagai LAB ON DVD, suatu teknologi yang memungkinkan penyelesaian tes HIV hanya dalam beberapa menit" beber Russom.

Dengan biaya yang cukup rendah, teknologi ini sangat cocok sebagai alat diagnostik dan analitis dalam praktek klinis bagi pasien HIV/AIDS. "Karena memberikan analisis sangat cepat, pasien tidak perlu pulang ke rumah dan menunggu hasilnya. Mereka bisa mendapatkannya tepat pada kunjungan pertama ke dokter," kata Russom.(jpnn)

Sumber: http://www.fajar.co.id




[ Home | Indeks Kliping ]

Berita ini dari Komunitas AIDS Indonesia - Indonesian AIDS Community
http://www.aids-ina.org
URL berita ini adalah:
http://www.aids-ina.org/modules.php?name=News&file=article&sid=7583