''Superbug Seks'' Lebih Menular daripada AIDS Ditemukan di Hawaii
Tanggal: Tuesday, 07 May 2013
Topik: Narkoba


PRLM, 06 Mei 2013

HONOLULU - Para pejabat kesehatan telah memperingatkan bahwa dua kasus yang disebut 'superbug seks' telah dikonfirmasi di Hawaii.

Hawaii News Now melaporkan bahwa 'superbug seks' adalah strain resisten dari gonorrhea.

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS telah meminta Kongres sebesar 50 juta dolar AS untuk menemukan antibiotik baru untuk mengobati strain yang resisten terhadap obat dari penyakit ini. Kasus pertama di negara ini diidentifikasi pada seorang wanita muda di Hawaii pada Mei 2011.

'Superbug seks' yang disebut H041 pertama kali ditemukan di Jepang pada tahun 2011. Kemudian menyebar ke Hawaii, dan sekarang telah muncul di California dan Norwegia.

Peter Whiticir dari Departemen Kesehatan Hawaii mengatakan nasihat telah dikirim ke dokter dan penyedia layanan kesehatan sekitar Hawaii untuk waspada pada strain resisten dari gonorrhea ini.

Dokter memperingatkan bahwa strain yang tahan antibiotik ini, memiliki potensi sama mematikannya dengan virus AIDS. Gonorrhea paling sering dilaporkan sebagai infeksi yang ditularkan secara seksual kedua di Amerika Utara.

"Ini mungkin jauh lebih buruk daripada AIDS dalam jangka pendek karena bakteri ini lebih agresif dan akan mempengaruhi lebih banyak orang dengan cepat," tutur Alan Christianson, seorang dokter pengobatan naturopati kepada CNBC.

"Mendapatkan gonorrhea dari strain ini mungkin akan menempatkan seseorang dalam keadaan shock dan kematian dalam hitungan hari," kata Christianson. "Ini sangat berbahaya."

Meskipun tidak ada kematian dari HO41 telah dilaporkan belum, para ahli mengatakan menghindari penyakit tersebut sepenuhnya adalah tindakan terbaik. (Aya/A-88)***

Sumber: http://www.pikiran-rakyat.com




[ Home | Indeks Kliping ]

Berita ini dari Komunitas AIDS Indonesia - Indonesian AIDS Community
http://www.aids-ina.org
URL berita ini adalah:
http://www.aids-ina.org/modules.php?name=News&file=article&sid=7591