Belasan Orang di Ciamis Terjangkit HIV/AIDS
Tanggal: Monday, 20 May 2013
Topik: HIV/AIDS


TRIBUNNEWS.COM, 20 Mei 2013

CIAMIS - Angka pria penyuka pria (gay/homo) di Ciamis cukup tinggi, yaitu sebanyak 1.500 orang yang tersebar di 36 kecamatan di Ciamis. Data menyejutkan itu diperoleh Dinas Kesehatan Ciamis dari para volunturir HIV/AIDS yang bekerja di wilayah Ciamis.

"Data tersebut kami peroleh setelah kami melakukan komunikasi intensif dengan kelompok lelaki suka lelaki (LSL) selama 4 bulan terakhir," ujar H Osep Hernandi SKM MKes, volunturir HIV/AIDS dari Dinkes Ciamis yang juga pengurus Komisi Peduli AIDS (KPA) Ciamis kepada Tribun, Minggu (19/5/2013).

Dari pertemuan terakhir pada hari Rabu (15/5) yang dihadiri sekitar 40 orang perwakilan dari LSM peduli HIV/AIDS, KPA, Dinkes, dan perwakilan sejumlah komunitas LSL, menurut Osep, diperoleh fakta bahwa di Ciamis berkembang gaya hidup pria suka pria. "Sebagian besar dari kelompok umur remaja antara 14 tahun hingga 25 tahun," ujar Osep.

Dinkes Ciamis dan KPA, kata Osep, perlu melakukan komunikasi dengan kelompok LSL. Pasalnya menurut Osep, dari 11 penderita HIV yang ditemukan selama Januari hingga Mei tahun 2013, ditemukan penderita HIV dari kelompok LSL.

Osep mengatakan selama ini kelompok pria penyuka pria ini, luput dari pendataan. "Selama ini pendataan atau pelacakan penderita HIV/AIDS cenderung dilakukan kepada PSK, penghuni lembaga pemasyarakatan dan panti rehabilitasi. Sementara kelompok LSL nyaris tidak tersentuh," ujar Osep.

Sepanjang Januari hingga April 2013, ujar Osep, terdata ada 10 penderita HIV/AIDS di Ciamis. Dari jumlah sebanyak itu, ujar Osep, 9 orang positif terjangkit HIV dan seorang penderita AIDS. Dan selama bulan Mei 2013, terdata dua orang penderita HIV.

"Seorang penderita AIDS tersebut sudah meninggal dunia, sementara dari 11 penderita HIV yang terjaring selama tahun 2013, di antaranya ada yang berasal dari kelompok LSL," katanya. (sta)

Sumber: http://www.tribunnews.com




[ Home | Indeks Kliping ]

Berita ini dari Komunitas AIDS Indonesia - Indonesian AIDS Community
http://www.aids-ina.org
URL berita ini adalah:
http://www.aids-ina.org/modules.php?name=News&file=article&sid=7616