Mayoritas Penderita AIDS Merupakan Usia Produktif
Tanggal: Wednesday, 22 May 2013
Topik: Narkoba


PRLM, 20 Mei 2013

PANGANDARAN - Di tahun 2013 hingga kini tercatat sebanyak 36 orang terjangkit virus HIV, dan 29 orang menderita AIDS di Kabupaten Ciamis. Mayoritas dari mereka adalah kategori usia produktif.

Pengelola Program Komisi Penanggulangan Aids (KPA) Kabupaten Ciamis Pendi Saputra menjelaskan, penularannya saat ini bukan dari jarum suntik. Tetapi dari berhubungan seksual. “Dari 36 kasus di Kabupaten Ciamis secara keseluruhan paling banyak berasal dari wilayah Kabupaten Pangandaran,” ujarnya, Senin (20/5/2013).

Pendi menjelaskan, dari data yang ada sejak tahun 2011 memang terjadi perpindahan tren. Dari yang sebelumnya banyak yang terjangkit akibat jarum suntik, kini berubah. “Sekarang yang banyak jarum suntik itu di Ciamis. Kalau di Pangandaran, mereka adalah ibu rumah tangga. Mereka tertular karena suaminya yang positif terjangkit,” ucapnya.

Dengan jumlah yang masih terbilang tinggi itu, Pendi berupaya untuk terus melakukan kampanye dan memberikan penjelasan serta pemahaman kepada masyarakat, khususnya mereka yang bekerja atau berprofesi sebagai Wanita Penjaja Seks (WPS).

Pendi menjelaskan, untuk WPS di Kabupaten Pangandaran cukup tinggi. KPA Kabupaten Ciamis melakukan pemetaan dan mendapatkan delapan titik yang diindikasi ada WPS. (A-195/A-147)***

Sumber: http://www.pikiran-rakyat.com




[ Home | Indeks Kliping ]

Berita ini dari Komunitas AIDS Indonesia - Indonesian AIDS Community
http://www.aids-ina.org
URL berita ini adalah:
http://www.aids-ina.org/modules.php?name=News&file=article&sid=7618