Penghuni LP Narkoba Cirebon Rutin Cek Kesehatan
Tanggal: Wednesday, 22 May 2013
Topik: Narkoba


TRIBUNNEWS.COM, 22 Mei 2013

CIREBON - Dari 927 orang penghuni Lembaga Pemasyarakatan (LP) Narkotika Cirebon, sebanyak 38 orang d iantaranya mengidap HIV/ AIDS, tiga diantaranya AIDS.

"Sudah dilakukan theraphi kepada 11 orang dan untuk mengetahui atau memastikan penderita kita selalu melakukan skrining massal," tutur Kepala LP Narkotika Cirebon Anas kepada rombongan press tour Kementerian Kesehatan, Selasa (21/5/2013).

Sesuai dengan aturan baku, setiap ada orang baru yang masuk ke LP menjalani pemeriksaan untuk mengetahui kondisinya apakah berstatus HIV AIDS atau Tuberkolosis (TB).

Untuk masalah ini, LP telah mengandeng LSM yang peduli terhadap ODHA yang selalu datang untuk melakukan pemeriksaan ataupun melakukan penyuluhan.

"Meski poliklinik sederhana tetap kami melakukan upaya preventif dengan adakan penyuluhan, morning meeting tiap blok. Kita ingin tahu masalah. Penyuluhan kehiatan sebaya seminggu 2 kali. Kita juga membentuk pendamping minum obat untuk TB," katanya.

Terkait dengan ketergantungan obat, Poliklinik Lapas Narkotika Cirebon, dr Pepen Zaelani dokter LP setempat menyatakan pihaknya bekerjasama dengan RSUD Cirebon, Gunung Jati Cirebon. "Seperti ketergantungan pada metadon itu harus 3 hari mendapatkan layanan. Perlu rujukan khusus," katanya. (Eko Sutriyanto)

Sumber: http://www.tribunnews.com




[ Home | Indeks Kliping ]

Berita ini dari Komunitas AIDS Indonesia - Indonesian AIDS Community
http://www.aids-ina.org
URL berita ini adalah:
http://www.aids-ina.org/modules.php?name=News&file=article&sid=7625