70 Persen Penularan HIV-Aids Adalah Relasi Heteroseksual
Tanggal: Monday, 03 June 2013
Topik: HIV/AIDS


Suaramerdeka.com, 01 Juni 2013

SEMARANG - Sebanyak 70 persen penularan HIV-Aids ternyata didominasi oleh tipikal relasi heteroseksual, ketimbang hubungan sejenis (homoseksual) atau melalui media jarum suntik.

Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Jateng meminta semua staleholder untuk semakin meningkatkan pelaksanaan upaya pencegahan dan mewaspadai kantung-kantung risiko tinggi penularan HIV-Aids seperti komplek resos, dan meminta orang tua untuk mengawasi putra-putrinya agar tak terseret pada pergaulan bebas.

"Di Jateng angka temuan kasus HIV-Aids cukup tinggi, yakni 607 kasus HIV, dan 797 Aids, kalau digabungkan angka sudah mencapai lebih dari seribu," kata dr Joko Mardijanto, Kepala Bidang Pembinaan dan Pelayanan Kesehatan Diskes Jateng, Sabtu (1/6).

Di tengah masyarakat penderita HIV-Aids itu tersembunyi, "Kami baru tahu setelah yang bersangkutan memeriksakan diri. Itu mengapa angka di Jateng tahun 2012 lalu sangat tinggi, itu karena semakin banyak temuan yang kami dapatkan, menyusul semakin banyaknya tempat-tempat layanan untuk HIV-Aids," lanjut Joko Mardijanto.

Dia meminta untuk meningkatkan pemakaian kondom di tempat-tempat berisiko seperti resos. "Kondom masih efektif untuk mencegah semua penyakit menular akibat hubungan seksual," pungkas Joko Mardijanto.

Sumber
: http://www.suaramerdeka.com




[ Home | Indeks Kliping ]

Berita ini dari Komunitas AIDS Indonesia - Indonesian AIDS Community
http://www.aids-ina.org
URL berita ini adalah:
http://www.aids-ina.org/modules.php?name=News&file=article&sid=7655