228 Positif Terjangkit, HIV/AIDS Renggut 22 Nyawa Warga Bengkalis
Tanggal: Wednesday, 05 June 2013
Topik: HIV/AIDS


Penyebaran HIV/AIDS di Kabupaten Bengkalis kian membahayakan. Sampai Maret 2013, tercatat 228 warga terjangkit dengan 22 korban meninggal.

Riauterkini, 03 Juni 2013

BENGKALIS - Jumlah penderita penyakit HIV dan AIDS di Kabupaten Bengkalis hingga Maret 2013 dilaporkan mencapai 228 kasus. Dari jumlah tersebtu setidaknya, 22 penderita meninggal dunia.

“Kita harus bekerja keras untuk mencegah dan menanggulangi penyakit ini. Lebih mencengangkan, ada kecenderungan penularan beresiko tinggi kepada isteri dan anak, padahal mereka tidak tahu sama sekali,” ungkap Ketua Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Kabupaten Bengkalis Suayatno kepada wartawan baru-baru ini.

Dilanjutkan Suayatno, sebagian besar merupakan usia produktif dan reproduktif, sedangkan dilihat dari faktor resiko adalah pekerja seks, pelanggan, waria dan ibu rumah tangga. Penyebab penularan yang paling dominan adalah melalui hubungan seks yang tidak aman 90,4 persen, kemudian diikuti oleh penggunaan jarum suntik dan penularan dari ibu dan anak.

Sejauh ini upaya penanggulangan dan pencegahan membentuk klinik VCT atau konseling dan test sukarela untuk menjaring HIV dan AIDS di RSUD Kecamatan Mandau dan Bengkalis. Membentuk dua klinik di kecamatan Mandau dan Pinggir untuk pelayanan pemeriksaan infeksi menular seksual (IMS).

“Saya mengajak seluruh komponen masyarakat melakukan upaya penanggulangan HIV dan AIDS. Mengingat upaya pencegahan bukan hanya tanggungjawab pemerintah, tapi melibatkan semua pihak,” pinta Suayatno.***(dik)

Sumber: http://www.riauterkini.com




[ Home | Indeks Kliping ]

Berita ini dari Komunitas AIDS Indonesia - Indonesian AIDS Community
http://www.aids-ina.org
URL berita ini adalah:
http://www.aids-ina.org/modules.php?name=News&file=article&sid=7660