47 Orang di Sragen Tewas Akibat AIDS
Tanggal: Tuesday, 18 June 2013
Topik: Narkoba


Timlo, 15 Juni 2013

Sragen — Sebanyak 47 orang di Kabupaten Sragen meninggal dunia akibat terserang virus HIV/AIDS.

Sekretaris Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Sragen, Haryoto, menyatakan, jumlah penderita HIV/AIDS di bumi sukowati pada tahun 2013 ini mencapai 110 orang.

Dari jumlah tersebut sebanyak 80 orang positif telah mengidap AIDS. Sedangkan sebanyak 30 orang lainya dalam kondisi tertular HIV/AIDS dan 47 orang dinyatakan meninggal dunia. Bila dibandingkan dengan tahun 2011 jumlah penderita yang positif terserang penyakit mematikan tersebut hanya 25 orang. Jumlah ini meningkat cukup drastis pada tahun 2013 ini.

“Apabila dibandingkan dengan jumlah penduduk Sragen memang kecil, tetapi perkembangan jumlah kasusnya mengalami peningkatan yang signifikan,” kata Haryoto, Jum’at (14/6).

Haryoto mengungkapkan, jumlah warga yang paling banyak mengindap HIV/AIDS adalah Kecamatan Sidoharjo dan Sumberlawang. Yang mmprihatinkan lagi, mereka yang menserita penyakit mematikan ini rata-rata masih berusia antara 20 hingga 40 tahun.

Untuk mengantisipasi agar tidak semakin menyebar, kata Haryoto, KPA Sragen akan terus mengampanyekan pencegahan virus HIV/AIDS dengan berbagai cara. Salah satunya adalah dengan bekerja sama dengan berbagai kelompok masyarakat dan LSM. Pemkab Sragen sendiri telah menginstruksikan kepada Satpol PP, camat, lurah, hingga ketua RT/RW untuk proaktif melakukan sosialisasi di wilayahnya masing-masing.

“Upaya yang dilakukan adalah memberikan penyadaran terhadap ancaman HIV/AIDS dengan menggandeng berbagai kelompok masyarakat dan Ormas,” ujarnya.

Sumber: http://www.timlo.net




[ Home | Indeks Kliping ]

Berita ini dari Komunitas AIDS Indonesia - Indonesian AIDS Community
http://www.aids-ina.org
URL berita ini adalah:
http://www.aids-ina.org/modules.php?name=News&file=article&sid=7677