Puluhan Awak Bus di Surabaya Ikuti Tes HIV/AIDS
Tanggal: Tuesday, 25 June 2013
Topik: HIV/AIDS


Berita Satu, 25 Juni 2013

Sidoarjo - Puluhan awak bus di Terminal Purabaya Surabaya di Bungurasih Sidoarjo, Jawa Timur, mengikuti tes Human Immunodeficiency Virus/Acquired Immune Deficiency Syndrome (HIV/AIDS) yang diselenggarakan Yayasan Orbit (Our Roght To be Independent).

Project Manager Yayasan Orbit Alex Kurniawan di Sidoarjo, Senin (24/6) menjelaskan para awak bus merupakan salah satu dari sekian banyak pekerjaan yang berisiko terkena HIV/AIDS.

"Oleh karena itu, kami ajak mereka untuk melakukan tes supaya bisa mengetahui secara dini dan sendiri tentang HIV/AIDS," katanya.

Selain para awak bus, sejumlah calon penumpang yang singgah di Terminal Purabaya Surabaya juga menjalani tes HIV/AIDS.

"Mereka langsung diambil darahnya dan selanjutnya dites dengan menggunakan alat khusus. Mereka bisa mengetahui langsung hasilnya positif atau tidak," ujarnya.

Ia mengatakan, pihaknya sengaja bekerja sama dengan pimpinan Dinas Kesehatan Sidoarjo guna melakukan tes HIV/AIDS "Kami juga memberikan penyuluhan kepada penumpang bus dengan cara membagikan brosur serta kondom sebagai bentuk perilaku seks yang aman," paparnya.

Selama tiga jam pelaksanaan kegiatan, sebanyak 70 orang awak bus dan calon penumpang mengikuti tes HIV/AIDS Sementara itu, Didik P salah seorang penumpang asal Surabaya menjelaskan, pihaknya merespons positif kegiatan tersebut.

"Saya berharap tes HIV/AIDS bisa dilakukan secara berkelanjutan guna mencegah peredaran penyakit HIV/AIDS di Surabaya dan Sidoarjo," katanya.

Sumber: http://www.beritasatu.com




[ Home | Indeks Kliping ]

Berita ini dari Komunitas AIDS Indonesia - Indonesian AIDS Community
http://www.aids-ina.org
URL berita ini adalah:
http://www.aids-ina.org/modules.php?name=News&file=article&sid=7694