Bocah Perempuan Dibuang di Blitar, Mengidap HIV/AIDS
Tanggal: Sunday, 30 June 2013
Topik: HIV/AIDS


okezone.com, 27 Juni 2013

BLITAR - Bocah perempuan berusia lima tahun diduga sengaja dibuang orangtuanya di kompleks Pasar Legi, Kota Blitar, Jawa Timur. Bocah tersebut dinyatakan positif mengidap HIV/AIDS.

DPRD Kota Blitar meminta dinas terkait memberikan perawatan medis secara layak. Sebab di dalam kondisi sakit akibat penyakit penyerta diare dan gangguan pernafasan, tersiar kabar si bocah akan ‘dibuang’ ke Papua.

"Karena sekarang posisinya disini (Kota Blitar). Maka pemkot harus bertanggung jawab penuh atas kondisi kesehatanya," ujar anggota Komisi I DPRD Kota Blitar, Supriyono, Rabu 26 Juni.

Bocah bernasib malang itu kini berada di RSU Mardi Waluyo Blitar. Sejak ditemukan beberapa pekan yang lalu, petugas belum bisa mengorek identitasnya.

Belum diketahui nama, siapa orangtuanya dan asal bocah tersebut. Sebab yang bersangkutan hanya menangis dan tidak bersedia bicara.

Dari hasil pemeriksaan medis, bocah bertubuh kurus itu positif terjangkit virus HIV/ AIDS. Dipastikan dia terlahir dari orangtua yang hidup dengan HIV/AIDS (Odha).

Supriyono berharap dinas terkait tidak akan lepas tangan dengan alasan apa pun. Sebab, di dalam pos anggaran Dinas Sosial Tenaga Kerja, terdapat dana untuk menanggulangi masalah sosial seperti ini.

"Jangan sampai muncul tudingan pemerintah telah menelantarkan anak penderita HIV/AIDS yang sebelumnya sudah ditelantarkan orangtuanya," tegas Supriyono.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kota Blitar, Ngesti Utomo, membenarkan wacana membawa bocah pengidap HIV/AIDS tersebut ke panti khusus di Papua atau Bogor, Jawa Barat. Namun semua itu masih dalam pertimbangan mengingat kondisi kesehatan si bocah relatif mengkhawatirkan.

"Yang pasti kita akan memulihkan dulu kesehatanya. Karenanya saat ini diberikan perawatan yang intensif. Kalau memang semuanya berjalan baik, baru dipertimbangkan langkah berikutnya membawa ke panti khusus penderita HIV/Aids di Jawa Barat atau Papua,"ujar Ngesti.

Sumber: http://surabaya.okezone.com




[ Home | Indeks Kliping ]

Berita ini dari Komunitas AIDS Indonesia - Indonesian AIDS Community
http://www.aids-ina.org
URL berita ini adalah:
http://www.aids-ina.org/modules.php?name=News&file=article&sid=7706