Setengah Tahun, Wonogiri Tambah 17 Kasus HIV-AIDS
Tanggal: Tuesday, 02 July 2013
Topik: HIV/AIDS


REPUBLIKA.CO.ID, 01 Juli 2013

WONOGIRI
-- Angka penderita ODHA (Orang Dengan HIV-AIDS) di Kabupaten Wonogiri cukup mencengangkan. Dalam kurun waktu enam bulan,periode Januari-Juni tahun ini, penderita penyakit kehilangan kekebalan tubuh yang bisa menyebabkan kematian ini bertambah 17 orang.

Angka itu berdasar temuan Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Wonogiri. Kenyataan itu diungkapkan Kepala Bidang (Kabid) Penanggulangan Penyakit dan Penyehatan Lingkungan DKK Wonogiri, Suprio Heryanto. ''Sejak awal tahun 2013 hingga juni ini diketemukan 17 kasus baru pengidap HIV/AIDS,'' kata dia di kantornya, Senin (1/7).

Angka penderita ini, menurut Suprio, masih kalah jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya dalam periode yang sama. Periode Januari-Juni 2012 tercatat 33 temuan baru penderita HIV/AIDS. Jadi, total pendataan sejak 2005 hingga Juni 2013 mencapai 104 penderita. ''Angka Ini cukup tinggi''.

Dari 104 pengidap HIV/AIDS di Kabupaten Wonogiri, 56 diantara mereka berjenis kelamin laki-laki dan 48 perempuan. Menurut dia dari 104 orang tersebut, jumlah penderita yang meninggal sebanyak 59 orang, dan yang masih hidup ada 45 orang.

Pengidap HIV/AIDS tersebut status sosial kalangan ibu rumah tangga, buruh, wiraswasta, Pekerja Seks Komersial (PSK), sopir, karyawan dan pengangguran.

Satu catatan penting lain dikemukakan Suprio Heryanto, 48% di antara penderita adalah perantau. Hampir semua kaum laki-laki.

Berdasarkan penelusuran atas angka itu, diduga pengidap HIV/AIDS yang baru terdata itu bukan tertular HIV/AIDS di Kabupaten Wonogiri. Itulah masalahnya, penderita HIV/AIDS tersebut berasal dari daerah lain, alias 'impor'.

''Rata-rata memang 'kasus impor'. Jadi, kaum perantau pulang kampung sudah dalam keadaan terinfeksi HIV/AIDS. Kebanyakan perantau bekerja atau buruh di luar kota. Selama dalam perantauan mereka ‘jajan’, hingga akhirnya tertular. Mereka kemudian pulang lalu menularkan kepada istrinya.

Sumber: http://www.republika.co.id




[ Home | Indeks Kliping ]

Berita ini dari Komunitas AIDS Indonesia - Indonesian AIDS Community
http://www.aids-ina.org
URL berita ini adalah:
http://www.aids-ina.org/modules.php?name=News&file=article&sid=7718