HIV/AIDS Bisa Sembuh Berkat Cangkok Sumsum Tulang
Tanggal: Sunday, 07 July 2013
Topik: HIV/AIDS


TEMPO.CO, 04 Juli 2013

Kuala Lumpur – Pemaparan mengejutkan terlontar dalam Konferensi Masyarakat AIDS Internasional di Malaysia. Dokter dari Brigham and Women’s Hospital di Boston memaparkan temuan mereka yang menggemparkan. Dua pasien HIV tidak lagi menunjukkan tanda kehadiran virus tersebut dalam tubuh mereka. Hilangnya virus HIV diduga akibat operasi tranplantasi sumsum tulang yang mereka lakukan.

“Satu orang pria telah berhenti memakai obat anti HIV sejak empat bulan lalu. Sementara, satu orang lainnya berhenti sejak tujuh minggu lalu,” demikian laporan Daily Mail, Rabu, 3 Juli 2013. Keduanya telah menderita HIV sekitar tiga puluh tahun lamanya. Tahun lalu, mereka menjalani transplantasi sumsum tulang belakang untuk mengobati kanker darah yang mereka derita.

Meski demikian, Timothy Henrich dari Brigham and Women’s Hospital menuturkan bahwa hasil ini belum menunjukkan bahwa pasien benar-benar pulih. “Meskipun operasi ini memberikan hasil yang menarik, tapi ini belum menunjukkan pasien benar-benar pulih dari HIV.” Masih ada kemungkinan virus itu tersembunyi di bagian tubuh lain, seperti hati dan otak. Dan ini bisa muncul dalam waktu hitungan minggu.

Para ahli juga tidak bisa mengklaim bahwa transplantasi sumsum akan menyembuhkan HIV. Pasalnya, operasi ini sangat mahal dan kompleks. Bahkan, bisa lebih berbahaya daripada pemberiaan obat-obatan untuk menjaga kelangsungan hidup penderita HIV.

Sebelum dua orang di Boston ini, orang pertama yang dilaporkan telah sembuh dari HIV adalah seorang warga Amerika bernama Timothy Ray Brown. Ia menjalani transplantasi sel induk pada tahun 2007 untuk mengobati leukemia. Dokter menyatakan HIV hilang setelah 2 tahun operasi.

Meskipun kasus ini bukanlah pilihan bagi kesembuhan penderita HIV, tapi temuan ini diharapkan membawa pendekatan baru untuk mengobati dan memberantas HIV.

Sumber: http://www.tempo.co




[ Home | Indeks Kliping ]

Berita ini dari Komunitas AIDS Indonesia - Indonesian AIDS Community
http://www.aids-ina.org
URL berita ini adalah:
http://www.aids-ina.org/modules.php?name=News&file=article&sid=7725