Lima Belas Anak Terjangkit HIV/AIDS di Subang
Tanggal: Monday, 08 July 2013
Topik: HIV/AIDS


TEMPO.CO, 08 Juli 2013

Subang: Tingkat penularan HIV/AIDS terhadap anak-anak di Kabupaten Subang, Jawa Barat, terus meningkat. "Dalam dua tahun terakhir yang positif tercatat 15 anak," kata Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Kabupaten Subang, Ahad, 7 Juli 2013.

Anak-anak yang positif terkena HIV/AIDS tersebut, menurut Ahmad, semuanya baru berumur di bawah tujuh tahun. "Semuanya baru berusia enam tahunan," ujar Ahmad.

Dalam dua tahun terkahir, menurut Ahmad, tingkat keterjangkitan HIV/AIDS sudah cukup tinggi. "Saat ini sudah mencapai empat persen dari jumlah penderita HIV/AIDS di Subang," paparnya.

Koordinator Pelaksana Program Persaudaraan Keluarga Berencana Indonesia (PKBI) Kabupaten Subang, Jajang Nurjaman, menyebutkan, jumlah penderita HIV/AIDS sampai Juni 2013 tercatat 608 orang.

"Tren yang paling mencengangkan memang keterjangkitan terhadap anak-anak yang ditularkan oleh bapa ke ibu ke anak," jelas Dadang. "Sebulan lalu, seorang anak yang potitif AIDS ditemukan meninggal dunia," kata Dadang.

PKBI mencatat dari 15 anak yang terjangkit HIV/AIDS kini tengah ditangani Komisi Penanggulangan AIDS. "Tiap bulan mereka mendapatkan bantuan susu formula," ujarnya. "Itu dilakukan untuk memutus mata rantai aliran darah dari ibu ke anak"

Sumber: http://www.tempo.co




[ Home | Indeks Kliping ]

Berita ini dari Komunitas AIDS Indonesia - Indonesian AIDS Community
http://www.aids-ina.org
URL berita ini adalah:
http://www.aids-ina.org/modules.php?name=News&file=article&sid=7730