KPA NTB Temukan 756 Kasus HIV/AIDS
Tanggal: Monday, 08 July 2013
Topik: HIV/AIDS


LOMBOKita, 08 Juli 2013

Laporan terakhir bulan April 2013, Komisi Penanggulangan AIDS Provinsi (KPAP) Nusa Tenggara Barat (NTB) menemukan ada 756 kasus HIV/AIDS yang secara komulatif ditemukan di NTB.

Sekretaris KPA NTB, H. Soeharmanto mengatakan dalam melakukan penelitian untuk menanggulangi virus HID/AIDS yang terjadi di NTB, pihaknya berkordinasi dengan Lembaga Swadaya Masyarakat, Dinas Kesehatan, Rumah Sakit, serta Lembaga Keagamaan seperti Nahdlatul Ulama (NU) dengan program Inisiatif Sehat (Inset).

“Kasus yang kami temukan ini baru 73 persen,” ujar Soeharmanto di Mataram, Senin (8/7/2013).

Dari angka 756 tersebut, katanya, masih ada 63 persen yang harus dicari dan angka 63 persen tersebut merupakan angka yang cukup besar dan berpotensi menularkan lebih banyak lagi kepada orang lain.

Dari jumlah kasus tersebut ditemukan di seluruh kabupaten/kota yang ada di NTB. Dari 756 kasus itu, 354 masuk ke dalam kasus HIV dan 402 orang masuk AIDS. Ia menyebutkan, penyebab utama dari tingginya kasus tersebut adalah karena huhungan setero seksual dan penasun.

“Ibu rumah tangga lebih banyak terserang virus HIV/AIDS ketimbang Wanita

Pekerja Seks (WPS),” jelasnya.

Soeharmanto juga memprediksi, banyaknya penularan virus mematikan itu akibat para suami yang sering melakukan hubungan seksual dengan wanita lain yang terindikasi telah terserang virus HIV/AIDS, sehingga ditularkan ke istrinya.

“Berdasarkan data April 2013, kasus IRT yang terkena HIV/AIDS sebanyak 126 orang, sedangakan WPS sebanyak 62 orang, Tenaga Kerja Indonesia sebanyak 56 orang, tidak bekerja 134 orang, Wiraswasta 180 Orang, sedangkan PNS dan tenaga honor sebanyak 28 orang,” detail Soeharman.

Lebih jelas dikatakan Soeharman, dari jumlah penderita tersebut sampai saat ini jumlah penderita yang masih hidup yakni 209 orang (52 persen) sedangkan yang sudah meninggal karena terjangkit virus sebanyak 193 orang atau 48,0 persen. (ari)

Sumber: http://lombokita.com




[ Home | Indeks Kliping ]

Berita ini dari Komunitas AIDS Indonesia - Indonesian AIDS Community
http://www.aids-ina.org
URL berita ini adalah:
http://www.aids-ina.org/modules.php?name=News&file=article&sid=7732