Dari 200 Penderita HIV/AIDS di Solo, 150 Diantarnya Perempuan
Tanggal: Thursday, 11 July 2013
Topik: HIV/AIDS


Timlo.net, 09 Juli 2013

Solo – Pengidap HIV/AIDS di Kota Solo didominasi oleh kaum perempuan. Rata-rata, diderita pada tingkatan usia produktif.

Penasihat pendamping Sebaya HIV/AIDS, Aggus Badrullah mengungkapkan, dari awal Januari hingga awal Juli 2013 total penderita HIV/AIDS di Kota Solo sebanyak 200 orang. 150 orang di antaranya adalah kaum perempuan yang didominasi ibu rumah tangga.

“Dari sisi usia, rata-rata 25-45 tahun. perlu sosialisasi yang gencar baik dilakukan Pemkot dan masyarakat,” katanya kepada wartawan, Selasa (9/7).

Ia mengakui, data tersebut tidak benar-benar valid. Diduga, masih banyak warga yang terkena virus HIv/AIDS tetapi tidak melapor. Atau, penderita hiv yang belum terdeteksi penyakitnya.

Sementara, Sekretaris Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Kota Solo Harsoyo Supodo mengungkapkan, peran kader Warga Peduli AIDS (WPA) dinilai sangat penting dalam menanggulangi penyebaran virus HIV/AIDS. Kader-kader WPA mampu mengedukasi masyarakat secara langsung sampai tingkat paling bawah.

WPA sendiri berfungsi sebagai pendeteksi dini terhadap kemungkinan penyebaran HIV/AIDS. Kader-kader WPA yang diterjunkan langsung ke masyarakat bisa memantau dan memetakan warga masyarakat kategori resiko tinggi (Risti) terserang HIV/AIDS.

Dari hasil pemetaan warga kategori Risti, dilakukan pemantauan secara intensif oleh WPA beserta stakeholder dari Dinas Kesehatan Kota (DKK). Secara berkala, warga kategori Risti tersebut diperiksa kesehatannya untuk mengetahui terjangkit dan tidaknya virus mematikan itu.

Sumber
: http://www.timlo.net




[ Home | Indeks Kliping ]

Berita ini dari Komunitas AIDS Indonesia - Indonesian AIDS Community
http://www.aids-ina.org
URL berita ini adalah:
http://www.aids-ina.org/modules.php?name=News&file=article&sid=7733