33 ABG di Sulut terjangkit virus HIV/AIDS
Tanggal: Thursday, 11 July 2013
Topik: HIV/AIDS


Merdeka.com, 10 Juli 2013

Komisi Penanggulangan AIDS (KPI) Provinsi Sulawesi Utara menemukan sebanyak 33 remaja di wilayah itu terjangkit virus HIV/AIDS. Temuan itu ditemukan dari hasil penelitian yang dilakukan lembaga tersebut pada Maret 2013 lalu.

"Kelompok remaja ini berada pada rentang usia 15 sampai 19 tahun," kata Sekretaris Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Provinsi Sulut, dr Tangel-Kairupan di Manado, Selasa (9/7), seperti dilansir dari Antara.

Untuk memastikan asal virus tersebut, KPA masih menelusuri latar belakang dan pekerjaan yang dijalani mereka. Sejauh ini, Tangel mengaku belum memastikan para remaja itu merupakan pekerja seks komersial (PSK) atau pelanggan yang masih duduk bersekolah.

"Kalau remaja yang terinfeksi HIV ini adalah mereka yang berprofesi sebagai pekerja seks itu memang berisiko. Namun kalau yang masih berstatus pelajar akan ditelusuri lebih lanjut," katanya.

Sebagaimana data yang dirilis Dinas Kesehatan Provinsi Sulut yang dipublikasi KPA, pengidap HIV/AIDS pada rentang usia kurang dari satu tahun sebanyak 23 orang, satu sampai empat tahun sebanyak 37 orang, bila ditotalkan untuk balita sebanyak 60 orang penderita HIV/AIDS.

Sementara di rentang usia 5-14 tahun, sebanyak 15 orang telah terinfeksi.

Rentang usia dengan jumlah penderita terbanyak adalah 20 tahun-29 tahun dengan 543 orang, usia 30 tahun-39 tahun sebanyak 381 orang, 40 tahun-49 tahun sebanyak 165 orang, usia 50 tahun-59 orang sebanyak 49 orang, dan di atas 60 tahun sebanyak enam orang yang telah terinfeksi HIV/AIDS.

Angka pengidap "human immunodeficiency virus/acquired immunodeficiency syndrome" (HIV/AIDS) di Sulawesi Utara bertambah 23 kasus menjadi 1.265 orang pada Maret 2013. Pada bulan sebelumnya jumlah penderita HIV dan AIDS sebanyak 1.239 orang.

Sumber
: http://www.merdeka.com




[ Home | Indeks Kliping ]

Berita ini dari Komunitas AIDS Indonesia - Indonesian AIDS Community
http://www.aids-ina.org
URL berita ini adalah:
http://www.aids-ina.org/modules.php?name=News&file=article&sid=7737