70% Pengidap HIV/AIDS di Solo Ibu Rumah Tangga
Tanggal: Thursday, 11 July 2013
Topik: HIV/AIDS


SoloBlitz, 10 Juli 2013

SOLO – Ibu rumah tangga menjadi penderita HIV/AIDS terbanyak di Kota Solo. Saat ini total penderita HIV/AIDS di Solo mencapai 200 orang.

“Jumlah 200 tersebut sekitar150 orang di antaranya positif terserang AIDS. 70 % dari 150 persen tersebut adalah ibu rumah tangga,” ungkap Agus Badrullah, Penasihat LSM Pendamping Penderita HIV/AIDS Sebaya, kepada waratwan, Selasa (8/9/2013).

Menurut Agus, banyak dari penderita HIV/AIDS yang tertular disebabkan penggunaan jarum suntik saat menggunakan Narkoba. Ia mengakui jumlah tersebut masih bisa bertambah lantaran banyak penderita HIV/AIDS yang tidak terdaftar.

“Penderita HIV/AIDS kebanyakan di rentang usia 25 tahun sampai 45 tahun,” ujarnya.

Sementara itu, Sekretaris Penuh Waktu KPA, Harsojo Soepodo mengatakan banyaknya warga Solo yang menderita HIV /AIDS disebabkan minimnya pengetahuan tentang penyakit tersebut. Untuk itu, dengan adanya Warga Peduli AIDS (WPA) diharapkan dapat mengurangi penularan penyakit tersebut.

“WPA berperan sebagai pendeteksi dini terhadap penyebaran HIV/AIDS di masyarakat. Kader-kader peduli AIDS akan memantau kelompok masyarakat yang tergolong risiko tinggi, seperti pengguna Narkoba, pekerja seks komersial (PSK) dan sebagainya.” jelasnya.

Sumber: http://www.soloblitz.co.id




[ Home | Indeks Kliping ]

Berita ini dari Komunitas AIDS Indonesia - Indonesian AIDS Community
http://www.aids-ina.org
URL berita ini adalah:
http://www.aids-ina.org/modules.php?name=News&file=article&sid=7738