Sangat Minim, Anggaran Penanggulangan HIV/AIDS di Solo
Tanggal: Thursday, 11 July 2013
Topik: HIV/AIDS


Timlo.net, 10 Juli 2013

Solo – Anggaran untuk penanggulangan penyakit HIV/AIDS masih sangat minim. Di Kota Solo, alokasi anggaran yang dikelola oleh Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) hanya dikaver oleh APBD.

Walikota Solo FX Hadi Rudyatmo mengungkapkan, selama ini tidak ada bantuan anggaran dari pemerintah pusat untuk penanganan masalah HIV/AIDS. Padahal, dalam menanggulangi penyebaran penyakit mematikan ini membutuhkan biaya yang tidak sedikit.

“Untuk KPA, kami hanya bisa menganggarkan Rp 100 juta dari APBD. Jumlah itu jelas sangat kurang,” katanya kepada wartawan, Selasa (9/7).

Dengan anggaran yang hanya sebesar itu, menurutnya jelas tidak mencukupi. Ia berharap pemerintah pusat bisa lebih memberi perhatian. Salah satunya, dengan memberikan hibah anggaran yang bersumber dari APBN yang bisa dikelola oleh daerah.

Banyak kasus yang terjadi, penderita HIV/AIDS harus merogoh kocek sendiri untuk menebus biaya pengobatannya. Sebab, tidak ada anggaran untuk memenuhi kebutuhan pengobatan bagi penderita HIV/AIDS.

Sementara, Sekretaris KPA kota Solo Harsoyo Supodo menjelaskan, selama ini anggaran dari Pemkot dialokasikan untuk operasional relawan yang dinamai Warga Peduli AIDS (WPA). Relawan yang tersebar hingga tingkat RT tersebut diberi pembinaan dan pembekalan terkait kinerjanya untuk menanggulangi penyebaran virus HIV/AIDS.

Di lingkungan masyarakat, WPA berfungsi sebagai pendeteksi dini terhadap kemungkinan penyebaran virus HIV/AIDS. Kader-kader WPA yang diterjunkan secara langsung ke tingkatan masyarakat paling bawah bisa memantau dan memetakan warga masyarakat yang memiliki resiko tinggi (Risti) terserang virus tersebut.

Dari hasil pemetaan warga yang berkategori risti, dilakukan pemantauan secara intensif oleh WPA bersama stakeholder dari Dinas Kesehatan Kota (DKK). Secara berkala, warga dengan kategori risti tersebut diperiksa kesehatannya untuk mengetahui terjangkit dan tidaknya virus HIV/AIDS.

Sumber: http://www.timlo.net




[ Home | Indeks Kliping ]

Berita ini dari Komunitas AIDS Indonesia - Indonesian AIDS Community
http://www.aids-ina.org
URL berita ini adalah:
http://www.aids-ina.org/modules.php?name=News&file=article&sid=7739