146 Warga Bangli Terjangkit HIV/AIDS
Tanggal: Wednesday, 24 July 2013
Topik: HIV/AIDS


Bali Post, 23 Juli 2013

Bangli - Angka penderita HIV/AIDS terus mengalami peningkatan. Hingga saat ini, jumlah penderita HIV/AIDS di Bangli mencapai 146 orang. Bahkan, dua orang di antaranya diderita anak usia balita. Hal itu disampaikan Pengelola Program KPA Bangli Pande Ayu Wayan Nilawati, S.KM, Senin (22/7) kemarin.

Sementara dua balita penderita HIV/AIDS masing-masing berusia 2 dan 3 tahun. Sedangkan penderita terbanyak pada usia produktif (30 tahun ke atas). Diakui pemicu tertinggi tersebarnya virus HIV/AIDS di Bangli karena perilaku seks bebas yang tidak sehat. Meski wilayah Bangli sepi dari hiburan malam, diperkirakan penyebaran virus mematikan ini tersebar melalui hubungan seks ketika penderita berada di luar daerah. Sebab, dari sekian banyaknya jumlah tersebut, penderita virus HIV/AIDS di Bangli didominasi oleh pekerja perantauan, di antaranya sopir, buruh dan wiraswasta.

Terkait hal itu, pihaknya bersama Dinas Kesehatan rutin turun memberikan penyuluhan kepada masyarakat tentang bahaya virus HIV/AIDS. Dari sejumlah kasus yang ditemukan, beberapa pasien mengetahui dirinya terkena HIV setelah melakukan tes di RSUD Bangli. Sementara penanganan perawatan pasien biasanya dilakukan di RS Sanglah dan Gianyar. (ina)

Sumber: http://www.balipost.co.id




[ Home | Indeks Kliping ]

Berita ini dari Komunitas AIDS Indonesia - Indonesian AIDS Community
http://www.aids-ina.org
URL berita ini adalah:
http://www.aids-ina.org/modules.php?name=News&file=article&sid=7777