Jambore UKS Provinsi Digelar 20 Agustus Ada Lomba Dokter Kecil, PMR, dan Cerdas
Tanggal: Monday, 12 August 2013
Topik: Narkoba


Kaltim Post, 12 Agustus 2013

SAMARINDA - Dinas Pendidikan (Disdik) Kaltim terus memberikan kegiatan positif bagi para pelajar. Pada 20 Agustus mendatang, lomba Jambore Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) tingkat provinsi akan digelar untuk jenjang SD, SMP, hingga SMA sederajat. Kepala Sekretariat UKS Kaltim Asli Nuryadin mengatakan, peserta lomba adalah para juara di level kabupaten/kota. Jambore UKS ini, adalah ajang unjuk kreativitas pelajar tentang kesehatan. Khususnya menyangkut kesehatan lingkungan sekolah, bahaya narkoba, HIV/AIDS, dan hal lain yang berkaitan dengan kesehatan.

Untuk SD, akan melombakan dokter kecil. Materinya berkenaan dengan kemampuan siswa tentang kesehatan, kemudian ada tes tertulis, dan praktik sebagai dokter kecil. “Syaratnya, peserta bersangkutan masih aktif menjadi kader kesehatan di sekolah,” terangnya. Tak jauh berbeda dengan SD. Untuk SMP mempertandingkan lomba Kader Kesehatan Remaja (KKR) atau lomba Palang Merah Remaja (PMR). Materi yang dilombakan berupa karangan tulisan tentang pengetahuan peserta terhadap kesehatan lingkungan, bahaya narkoba, HIV/AIDS, dan lainnya. “Tiap-tiap daerah mengirimkan satu kelompok yang terdiri tiga orang,” sebut Asli.

Kemudian untuk jenjang SMA sederajat, bentuk lombanya berupa cerdas cermat UKS dengan materi yang sama dengan SMP. Tapi, setiap peserta harus memiliki pengetahuan tentang Trias UKS, yakni pendidikan kesehatan, pelayanan kesehatan, dan pembinaan lingkungan kehidupan sekolah sehat. Asli berharap, lomba seperti ini dapat membantu memacu para Tim Pembina UKS mulai tingkat sekolah, kecamatan, kabupaten/kota, hingga provinsi dalam meningkatkan kreativitas dan inovasi di bidang kesehatan. Jadi selain ada lomba sekolah sehat, tambah Asli para siswa juga diberikan lomba UKS.

Hasil lomba ini diharapkan meningkatkan pengelolaan sekolah sehat. “Bagi mereka yang meraih juara pada tiap jenjang, akan mewakili Kaltim ke tingkat nasional di Jakarta, 29 September hingga 2 Oktober mendatang,” jelas pria yang juga Kepala Bidang Pembinaan SMP dan SMA Disdik Kaltim ini. (*/gus/kri/k8)

Sumber: http://www.kaltimpost.co.id




[ Home | Indeks Kliping ]

Berita ini dari Komunitas AIDS Indonesia - Indonesian AIDS Community
http://www.aids-ina.org
URL berita ini adalah:
http://www.aids-ina.org/modules.php?name=News&file=article&sid=7807