Jaktim Juara Tingkat DKI Soal Penderita HIV/AIDS
Tanggal: Thursday, 22 August 2013
Topik: HIV/AIDS


Harian Terbit, 20 Agustus 2013

JAKARTA — Wilayah Jakarta Timur terbanyak penduduknya menderita HIV/AIDS dibanding wilayah lain di Provinsi DKI Jakarta. Hingga Agustus tahun ini, tercatat ada 381 orang di Jakarta Timur penderita HIV/AIDS. Jumlah ini terbanyak di DKI, di atas angka Jakarta Barat yang mencapai 360 orang.

Sekretaris Komisi Penanggulangan Aids Kota (KPAK) Jakarta Timur, Dedy Samsudi menyebutkan, tingginya jumlah penduduk di Jakarta Timur yang mengidap HIV/AIDS. Jumlah penderita HIV/AIDS di Jaktim capai 381 orang

“Jumlah penderitanya lebih tinggi dari Jakarta Barat yang banyak lokasi hiburannya. Ada 381 orang dengan rincian, 141 orang terserang HIV dan yang menderita Aids ada 240 orang,” paparnya.

Dedy Samsudi, mengatakan bahwa jumlah penderita tersebut di dapat dari laporan pihak Rumah Sakit dan Puskesmas yang telah melakukan pendeteksian serta penanganan terhadap para penderita.

Tingginya jumlah penderita tersebut belum bisa dideteksi pasti apa yang menjadi pemicunya. Meskipun dilihat kelompok usia penderita mayoritas dalam usia produktif, antara 25 – 40 tahun.

“Kalau penularannya bisa melalui hubungan seks bebas dan bisa juga melalui jarum suntik. Salah satu penularannya ya melalui sana,” tegasnya.

Wakil Walikota Jakarta Timur, Husein Murad, mengaku miris dengan tingginya angka tersebut. “Jumlah penderita se-DKI Jakarta ada 1571,” katanya.

Husein mengatakan akan semakin menggencarkan kampanye dan sosialisasi di masyarakat guna mengantisipasi penyebaran HIV/AIDS. “Kita merangkul kelompok-kelompok di masyarakat agar lebih giat melakukan kampanye dan sosialisasi bahaya HIV/AIDS,” katanya.

Seperti saat ini sudah ada 5 RW di lima Kecamatan se-Jakarta Timur, yang membentuk Forum Peduli HIV/AIDS. Seperti di RW 16 Kelurahan Bidaracina, Jatinegara, RW 16 Cililitan, Kramatjati, RW 06 Malakajaya, Duren Sawit dan RW 01 Ciracas, Ciracas.

HIV/AIDS sudah mencapai jumlah 2.932.653 jiwa membuat Jaktim menyandang predikat kota dengan penduduk terbesar di Provinsi DKI Jakarta. (aliem)

Sumber: http://www.harianterbit.com




[ Home | Indeks Kliping ]

Berita ini dari Komunitas AIDS Indonesia - Indonesian AIDS Community
http://www.aids-ina.org
URL berita ini adalah:
http://www.aids-ina.org/modules.php?name=News&file=article&sid=7820