HIV/AIDS di Manado Tercatat 507 Kasus
Tanggal: Monday, 26 August 2013
Topik: HIV/AIDS


TRIBUNNEWS.COM, 24 Agustus 2013

MANADO - Adanya data terbaru, jumlah kasus penderita HIV/AIDS di Kota Manado yang telah mencapai 507 kasus, Wakil Wali Kota Manado Harley Mangindaan SE MSM instruksikan lakukan verifikasi atau pembuktikan kebenaran untuk menentukan atau menguji akurasi data tersebut.

“Saya tunggu laporan verifikasi Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) dan dinas kesehatan. Berapa data per kecamatan agar kita bisa tahu jumlah persis yang benar akan kasus HIV/AIDS di Kota Manado. Ini juga sekaligus memudahkan dalam pengawasan dan pencegahan serta pemantauan di wilayah Manado,” ujar Mangindaan yang juga sebagai Wakil Ketua KPA Manado dalam rapat koordinasi bersama KPA Manado, Dinkes, serta LSM, Rabu (21/8/2013) di ruang Toar Lumimuut Pemko Manado.

Di satu sisi Mangindaan mengharapkan, penanggulangan HIV/AIDS jangan hanya tunggu anggaran karena AIDS juga tidak tunggu-tunggu menyebar. “Lokasi berpotensi akan lebih baik secara berkelanjutan bisa dipantau, serta terus diberi sosialisasi sampai ke sekolah,” harapnya.

Sekretaris KPA Kota Manado dr Gherce Waru mengakui data hingga bulan Mei 2013 lalu, kasus HIV 162 sedangkan AIDS 345. Artinya menurut Waru sudah ada 507 kasus HIV/AIDS di Kota Manado yang sebelumnya tahun 2012 baru 496. “Temuan ini diketahui dalam pemeriksaan di rumah sakit di Manado hingga mereka tercatat di Kota Manado meski ada pengidap yang berasal dari luar Kota Manado. Karena rumah sakit di Kota Manado lebih lengkap sehingga pemeriksanaan lebih condong ke Manado sehingga terakumulasi jumlah 507 di Kota Manado,” kata Waru.

Asisten 1 Pemko Manado Drs Frangky Mewengkang pun berharap agar data sebenarnya bisa dilaporkan selambat-lambatnya tanggal 15 September, berhubung ada pelaporan tahunan akan kasus HIV/AID serta penanganannya di daerah ke Kemendagri. “KPA dan dinkes harus ketahui kasus HIV dan AIDS bukan untuk dipublikasi tapi harus ada untuk laporan ke Kemendagri. Agar laporan Kota Manado bisa lebih baik, saya harapkan laporan harus tertulis dan ada dokumentasi foto setiap kegiatan penanggulangan dan sosialisasi terkait HIV/AIDS yang dilakukan di Kota Manado,” tandas Mewengkang. (manadokota)

Sumber: http://www.tribunnews.com




[ Home | Indeks Kliping ]

Berita ini dari Komunitas AIDS Indonesia - Indonesian AIDS Community
http://www.aids-ina.org
URL berita ini adalah:
http://www.aids-ina.org/modules.php?name=News&file=article&sid=7830