[PERNAS AIDS KE-4] Peran Aktif Masyarakat Sipil
Tanggal: Monday, 03 October 2011
Topik: Narkoba


Pertemuan Nasional AIDS ke-4 Pagi ini Pertemuan Nasional AIDS ke-4 secara resmi dibuka oleh Menkokesra, Agung Laksono. Menkokesra berharap pertemuan ini dapat memberikan makna yang lebih dari sebelumnya, sehingga penanggulangan AIDS dapat lebih baik lagi.

Di tengah-tengah acara pembukaan, diluar muncul aksi demo yang menyuarakan hak-hak populasi kunci yang selama ini tidak diperhatikan. Suara tersebut disampaikan oleh gabungan beberapa perwakilan yaitu Pekerja Seks, Remaja, Pengguna Napza, Perempuan dan komunitas lainnya. Puncak aksi tersebut diharapkan dapat membacakan sikap komunitas dalam Rapat Kerja Nasional para Kepala Daerah yang berlangsung pada pukul 13.00.

Setelah acara pembukaan dilakukan acara pleno yang membahas “Lima tahun Perpres 75/2006 tentang KPA Nasional, Refleksi Penanggulangan AIDS Secara Kompreshensif”. Pleno tersebut menampilkan pembicara Menteri Kesehatan, Menteri Koordinator Kesejahteraan Rakyat dan Menteri Dalam Negeri yang diwakili oleh salah satu Dirjen serta perwakilan forum komunitas. Pleno tersebut lebih membahas keberhasilan program selama ini walaupun diakui masih banyak kekurangan.

Pleno yang memberikan gambaran mengenai peran masyarakat sipil adalah “Lingkungan yang Mendukung dan Advokasi” yang disponsori oleh PPH Atmajaya. Diskusi yang menarik adaalh bagaimana peran masyaraka sipil selama ini. Pernyatan dari IAC menyatakan bahwa advokasi membutuhkan data, tetapi sayangnya data dikuasai oleh pemerintah dan masyarakat sipil kesulitan dalam mengakses.

Sedangkan Irwanto menyatakan masyarakat sipil perlu melakukan instropeksi diri karena kurang solidnya dalam menggalang gerakan. Oleh karena itu beliau menyarankan perlunya kerendahan hati para kelompok masyarakat sipil dalam mengembangkan isu bersama dalam gerakan bersama. Alih-alih akan melakukan advokasi justru sibuk dengan urusan masing-masing.




[ Kembali ]

Artikel dari Komunitas AIDS Indonesia - Indonesian AIDS Community
http://www.aids-ina.org
URL:
http://www.aids-ina.org/modules.php?name=News&file=article&sid=4866