Meningkat, Kasus HIV/AIDS di Bangli
Tanggal: Monday, 26 August 2013
Topik: HIV/AIDS


Bali Post, 25 Agustus 2013

Bangli - Penyebaran penyakit HIV/AIDS di Kabupaten Bangli dari tahun ke tahun terus mengalami peningkatan. Berdasarkan data epidemiologi yang tercatat di Dinas Kesehatan Kabupaten Bangli, dari tahun 2004 hingga 2013 terhitung telah terjadi 148 kasus. Jumlah ini meningkat dari tahun ke tahun. Bahkan, dari sekian jumlah kasus tersebut, 7 orang di antaranya sudah meninggal dunia. Hal itu disampaikan Ketua Pelaksana Komisi Penanggulangan AIDS Kabupaten Bangli yang juga Wakil Bupati Bangli, Sang Nyoman Sedana Arta, di SMKN 1 Susut, Jumat (23/8).

Sedana Arta mengatakan, meski jumlah kasus penyebaran HIV/AIDS di Kabupaten Bangli meningkat, namun kondisi itu masih relatif kecil jika dibandingkan dengan kabupaten lainnya di Bali. Namun, jumlah tersebut tetap penting untuk mendapat perhatian serius sejak dini bagi semua pihak khususnya masyarakat yang rentan terhadap perilaku seksual yang berisiko tinggi.

Dijelaskan juga dari 7.856 kasus HIV/AIDS komulatif di Provinsi Bali yang tercatat di Dinas Kesehatan Provinsi Bali, sekitar 50 persen menjangkiti kaum usia muda dan usia kerja. Sedana Arta menyampaikan pentingnya keberadaan sekolah untuk menekan tingginya kasus penyebaran HIV/AIDS di Bangli. ''Oleh karena itu, sekolah adalah salah satu tempat strategis untuk memberikan pendidikan tentang bahaya yang ditimbulkan oleh HIV/AIDS dan narkoba,'' ungkapnya.

Ditambahkannya, pihaknya juga telah melakukan program pencegahan yang dilakukan sejak September 2007 lalu diawali dengan pelatihan Forum Guru Pembina KSPAN dari masing-masing sekolah SMK/SMA yang selanjutnya dibentuk kelompok siswa peduli HIV/AIDS dan Narkoba (KSPAN) di masing-masing sekolah. KSPAN adalah program pengembangan diri yang terprogram dalam kurikulum sekolah untuk menanggulangi perilaku dan hidup yang tidak sehat. (ina)

Sumber: http://www.balipost.co.id





[ Kembali ]

Artikel dari Komunitas AIDS Indonesia - Indonesian AIDS Community
http://www.aids-ina.org
URL:
http://www.aids-ina.org/modules.php?name=News&file=article&sid=7833